Akibat Telat Datang Bulan

Akibat Telat Datang Bulan



Penyebab telat datang bulan yg dialami setiap perempuan berbeda-beda. Ada yg terjadi karena hal normal, tapi ada juga yg mengalami keterlambatan karena efek samping kontrasepsi atau kondisi kesehatan.

Akibat Telat Datang Bulan

Berikut beberapa penyebab telat datang bulan & cara mengatasinya:

1. Stres
Kondisi tersebut bisa memengaruhi hormon kalian, mengubah rutinitas harian tubuh, dan berdampak untuk bagian otak yg bertugas mengatur siklus datang bulan. Selain itu, stres bisa juga memicu penurunan ataupun kenaikan berat badan secara tiba-tiba yg bisa berdampak pada siklus datang bulan kalian.

2. Berat badan tidak normal
Kemungkinan kalian akan mengalami telat datang bulan apabila mempunyai berat badan yg terlalu rendah. Keadaan tersebut bisa mengubah cara kerja tubuhh sehingga menghambat ovulasi. Biasanya, hal itu dialami oleh kalangan yg mengalami gangguan makan seperti anoreksia ataupun bulimia. Hal sama terjadi jika kalian mengalami obesitas. Bobot tubuh berlebihan bisa juga menyebabkan perubahan hormon yg berdampak pada siklus datang bulan kalian.

Jika keterlambatan menstruasi dikarenakan oleh hal-hal tersebut, kalian tidak perlu mengkonsumsi obat telat datang bulan. Cukup rubah pola hidup kalian menjadi lebih baik misalnya menjauhi hal-hal yg membuat kalian stres & mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yg seimbang.

3. Penyakit tiroid
Kelenjar yg ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yg mengontrol pertumbuhan & metabolisme tubuh. Hormon tiroid jua memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon cekcual sehingga siklus datang bulan pun ikut dipengaruhi.

4. Sindrom ovarium polikistik
Sindrom tersebut bisa menyebabkan tingginya tingkat hormon. Pengobatan yg sering direkomendasikan untuk menanggulangi sindrom ovarium polikistik yakni melakukan terapi hormon dengan mengkonsumsi pil KB atau pil yg mengandung hormon progesteron.

5. Tumor hipofisis
Ini merupakan kondisi ketika tumor jinak berkembang pada kelenjar hipofisis atau pituitari (kelenjar yang ada di bawah otak). Adanya tumor itu bisa mengganggu keseimbangan hormon yg berperan dalam siklus datang bulan.
Mengatasi hal ini dibutuhkan pemeriksaan secara lengkap sepeti pemeriksaan fisik, wawancara medis, dan penunjang untuk bisa memastikan diagnosa tersebut.

Kalian juga perlu mengetahui penyebab yg pasti dengan mengevaluasi diri apaka ada perubahan pola hidup dalam satu bulan terakhir ini. Aktivitas yg padat, serta kurangnya istirahat juga bisa berpengaruh kepada keterlambatan datang bulan.

Tidak ada ukuran & batasan waktu yg pasti jika mengenai siklus haid ini. Demikianlah penjelasan yg bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat.
    Baca Juga :


Share this: