Apa Yang Dimaksud Dengan Donor Universal Dan Resipien Universal

Apa Yang Dimaksud Dengan Donor Universal Dan Resipien Universal



Apa golongan darah kalian? Apakah sama dengan kakak ataukah adik kalian? Golongan darah di setiap orang belum tentu sama. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa golongan darah pada manusia. Apasajakah golongan darah pada manusia tersebut?

Apa Yang Dimaksud Dengan Donor Universal Dan Resipien Universal

Dari komposisi aglutinogen & aglutininnya, golongan darah manusia dibedakan jadi golongan darah A, B, AB, & O. Penggolongan darah ABO ditemukan berkat seorang pakar imunologi Austria, Karl Landsteiner (1868-1943). Penggolongan darah tersebut berdasarkan atas terdapatnya 2 jenis aglutinogen, yakni aglutinogen A & aglutinogen B.

Aglutinogen & aglutinin merupakan kandungan protein di dalam darah. Aglutinogen adalah protein berupa antigen, dan aglutinin adalah protein berupa antibodi. Aglutinogen ada pada eritrosit, dan aglutinin ada pada plasma darah.

Selain sistem ABO, ada penggolongan daerah lainnya, yakni sistem rhesus (rh). Sistem tersebut didasarkan atas ada atau tidaknya aglutinogen rhesus didalam darah. Landsteiner menemukan sistem rh ini di percobaannya terhadap kera Macaca rhesus. Di sistem rh, apabila darah seorang mengandung aglutinogen rhesus maka orang itu termasuk rhesus positif (rh+). Adapun kalau tidak mengandung aglutinogen rhesus, orang itu termasuk rhesus negatif (rh-).

Penggolongan darah ABO berguna dalam transfusi darah. Transfusi darah merupakan proses pemindahan darah dari tubuh seseorang kedalam tubuh orang lain. Orang yg menerima darah disebut penerima atau resipien. Dan orang yg memberikan darahnya disebut dengan pemberi atau donor.

Hal yg harus diperhatikan dalam tranfusi darah ialah jenis aglutinogen donor & aglutinin resipien. Aglutinin mempunyai kemampuan buat menggumpalkan eritrosit. Jadi, jika aglutinogen donor bercampur bersama aglutinin resipien, darah resipien akan menggumpal. Darah donor yg bercampur di dalam tubuh resipien akan dianggap sebagai antigen oleh tubuh.

Seorang dengan golongan darah O disebut dengan donor universal karena bisa ditransfusikan kepada semua golongan darah (system ABO). Adapun golongan AB disebut dengan resipien universal karena bisa menerima semua golongan darah (system ABO). Namun, pada praktiknya, hal tersebut jarang dilakukan sebab kemungkinan adanya ketidakcocokkan darah diluar sistem ABO.
    Baca Juga :


Share this: