www.desywulandari.com

Apakah Mimpi Basah Membatalkan Puasa



Mimpi basah atau keluarnya air mani ketika kalian tertidur pertanda kalian dalam keadaan hadas besar & harus mandi junub. Namun, apakah mimpi basah ketika berpuasa Ramadan bisa membatalkan puasa kalian? Hal itu masih jadi kontroversi di kalangan masyarakat. Beberapa beranggapan, hadas itu sama dengan wanita yg tiba-tiba datang bulan & harus membatalkan puasanya. Dan beberapa lainnya, tetap berpuasa sebab menganggap hal itu terjadi tanpa disengaja.

Apakah Mimpi Basah Membatalkan Puasa

Rupanya kejadian mimpi basah tidak membatalkan puasa, karena hal tersebut terjadi bukan karena keinginan orang yg lagi berpuasa. Peristiwa tersebut dalam kajian medis terjadi karena kantong spe-r +ma sudah penuh dengan spe-r +ma yg dihasilkan oleh tes *tis & tidak bisa menampung kembali. Akhirnya spe-r +ma tersebut dikeluarkan dengan proses alami yg disebut mimpi basah. Hal itu sesuai dengan hadist yg diriwayatkan Bukhari-Muslim.

Dari ‘Aisyah & Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhuma, mereka berucap, “Nabi SAW pernah mendapati waktu fajar (waktu Shubuh) di dalam keadaan junub karena besetubuh dengan istrinya, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi & tetap berpuasa.”

Istri tersayang Nabi SAW, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bercerita,
“Rasulullah SAW pernah menjumpai waktu fajar pada bulan Ramadhan di dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi & tetap berpuasa.”

Orang yg mengalami mimpi basah ketika puasa ada baiknya disegerakan untuk mandi junub, supaya bisa melakukan salat wajib pada waktu berikutnya. Kalau mandi junub ketika puasa itu cukup meratakan air keseluruh tubuh. Cuma kalau dilakukan ketika lagi tidak berpuasa dianjurkan membasuh air ke seluruh lubang yg ada pada tubuh hukumnya sunnah. Pada hakikatnya, orang yg mempunyai hadas besar ketika berbicara termasuk makruh, tapi untuk menghilangkan kemakruhannya dapat dilakukan dengan cara berwudu.

Makanya jika ada yg hadas besar, apalagi suami istri yg sudah berhubungan di malam hari atau yg mimpi basah, bisa ambil wudu dahulu buat menghilangkan kemakruhannya. Baru sebelum harus mandi besar supaya bisa menunaikan kewajiban shalat subuh.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Apakah Mimpi Basah Membatalkan Puasa. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top