Asi Mulai Keluar Pada Usia Kehamilan Berapa Bulan

Asi Mulai Keluar Pada Usia Kehamilan Berapa Bulan



Perlu kalian tahu bahwa satu dari beberapa tanda awal dari kehamilan itu adalah buah dada yg mulai terasa sakit atau perih. Kemudian, terjadi perubahan buah dada yg biasanya ditandai dengan mulai membesarnya ukuran buah dada seiring dengan makin bertumbuhnya bayi didalam kandungan. Hal tersebut tentu saja wajar & normal, karena kelenjar penghasil ASI didalam buah dada ini mulai diaktifkan untuk memproduksi ASI sebagai persiapan buat menyambut kelahiran bayi.

Asi Mulai Keluar Pada Usia Kehamilan Berapa Bulan

Kelenjar ASI adalah sebuah kumpulan sel yg ada di bagian atas buah dada kalian. Nah, ketika melahirkan & juga plasenta keluar, maka bakal terjadi perubahan hormon progesterone didalam tubuh. Dan juga hormon penghasil ASI atau yg juga dikenal dengan prolaktin akan meningkat buat memberitahukan pada kelanjar ASI supaya segera memproduksi & mengirimkannya ke saluran ASI.

Apalagi untuk beberapa wanita, ketika memasuki trimester ke-3 kehamilan, sering banget ditemukan adanya cairan yg menetes dari puti ng buah dada nya. Namun banyak juga yg tidak mengalami hal tersebut. Cairan yg menetes dari puti ng ini merupakan kolostrum, atau pun ASI awal. Kolostrum tersebut adalah imunisasi pertama bagi bayi, karena mengandung antibody yg cukup tinggi & berguna untuk melapisi dinding susu bayi yg masih belum bertumbuh dengan sempurna. Dia tidak akan pernah habis & akan terus ada sampai bayi dilahirkan ke dunia. Bahkan bakal bertahan selama tiga hari sebelum akhirnya berubah menjadi ASI transisi.

Jadi, kapan ASI ibu dihasilkan jika pada trimester ke-3 kehamilan di beberapa ibu kolostrumnya sudah mulai keluar? Jawabannya ialah pada trimester ke-2 kehamilan ataupun memasuki minggu ke-16. Di masa tersebut hormon prolaktin sudah mulai aktif bekerja dengan baik yg mana hormon tersebut mulai memproduksi ASI buat mempersiapkan ketersediaan ASI ketika bayi dilahirkan sampai dengan periode menyusui selesai.

Bukan hanya hormon prolaktin, hormon lain yg juga mempengaruhi produksi ASI ialah hormon oksitosin, yg biasanya terkenal dengan hormon kasih sayang. Dinamakan demikian karena ada kaitannya dengan suasana hati dan perasaan ketika menyusui. Jika ingin hormon itu bekerja aktif, maka ciptakanlah suasana yg menyenangkan ketika menyusui. Cara kerja hormon tersebut adalah dengan hisapan yg semakin sering dihisap bayi, dengan begitu produksi ASI akan menjadi semakin berlimpah.
    Baca Juga :


Share this: