Bagaimana Caranya Agar Kulit Kita Tidak Terserang Kurap

Bagaimana Caranya Agar Kulit Kita Tidak Terserang Kurap





Penyakit kurap adalah satu jenis penyakit yg gampang sekali ditularkan. Banyak cara yg bisa terjadi, di antaranya ialah :

Bagaimana Caranya Agar Kulit Kita Tidak Terserang Kurap

Pertama, manusia sama manusia
Penularan pertama ini sagat mungkin sekali terjadi pada orang yg tinggal satu rumah, satu kamar, ataupun satu keluarga. Orang yg tinggal dalam satu asrama juga mempunyai resiko tertular penyakit kurap jika ada yg menderita penyakit ini & terjadi kontak secara fisik. Kontak secara fisik yg dimaksud disini ialah kontak antara kulit sama kulit. Maksudnya, kulit yg terkontaminasi dengan kulit yg tidak terkontaminasi. Jamur pun dapat langsung berkembang pada kulit yg belum terkontaminasi baik dalam waktu cepat ataupun lambat.

Kedua, hewan dengan manusia
Kalian suka dengan hewan peliharaan? hati-hati dengan masalah kulit kurap jika itu memang menjadi hobi kalian. Karena hewan yg mengalami masalah kulit kurap (ringworm) dapat menularkan masalah kulit tersebut untuk kalian jika ada kontak fisik langsung bersama hewan tersebut. Jika kalian bingung bagaimana cara mengetahui hewan kalian terkena ringworm ataukah tidak, salah satu caranya ialah melihat rambut atau bulunya. Karena pada umumnya, hewan yg terkena masalah kulit itu akan mengalami kerontokan bulu atau rambut.

Ketiga, objek dengan manusia
Cara penularan penyakit kurap yg ketiga ini terbilang samar atau semu. Betapa tidak, penularan yg ketiga ini bukan antara makhluk hidup yg menderita penyakitnya. Dimana kalian bisa langsung melihatnya dengan mata blak-blakan. Penularan yg ketiga ini butuh media lain. Dimana kalian bisa tertular dari objek yg pernah disentuh, digunakan, ataupun jadi sarang jamur karena pernah digunakan oleh mereka yg tertular jamur. Kemudian kalian menyentuh & menggunakannya kemudian ikut tertular jamur tersebut yg paling mudah ialah penggunaan handuk bersama-sama. Dimana sangat mungkin orang dalam 1 anggota keluarga tertular penyakit kulit ini secara bersamak-sama.

Keempat, dari tanah ke manusia
Tanah jadi salah satu objek yg harus kalian perhatikan juga. Kasus ini memang amat jarang terjadi, tapi kalian tetap harus mewaspadainya supaya terhindar betul dari gangguan kulit kurap. Sama seperti lainya infeksi jamur ke manusia melalui tanah tersebut bisa membutuhkan waktu yg cukup lama.


    Baca Juga :

Share this: