www.desywulandari.com

Bahaya Protein Urine Positif 1 Bagi Ibu Hamil



Preeklampsia adalah suatu keadaan medis serius yg terjadi pada sekitar 5% dari semua populasi wanita hamil & biasanya terjadi diatas usia 20 minggu kehamilan. Gejala utama preeklampsia ialah tekanan darah tinggi, tapi barangkali ada hal lain yg juga berpengaruh seperti kenaikan kadar protein di dalam urin, pembengkakan di kaki ataupun kelainan pada hati atau ginjal.

Bahaya Protein Urine Positif 1 Bagi Ibu Hamil

Kondisi tersebut pada umumnya muncul setelah kehamilan kalian mencapai usia 37 minggu, tapi juga bisa terjadi kapan saja di paruh kedua kehamilan, termasuk ketika persalinan atau bahkan sesudah persalinan (biasanya dalam 49 jam pertama).

Preeklampsia & Bahayanya Yang Perlu Kalian Ketahui

Ada bukti bahwa berkurangnya aliran darah menuju ke plasenta bisa memicu pelepasan besar-besaran protein plasenta tertentu kedalam aliran darah kalian.

Hal itu bisa memicu reaksi berantai yg meliputi: menyempitnya pembuluh darah (mengakibatkan tekanan darah tinggi), kerusakan di dinding pembuluh (yg mengarah ke pembengkakan & bercampurnya protein di dalam urin kalian), berkurangnya volume darah, & gangguan di dalam proses pembekuan darah, yg pada gilirannya bisa menyebabkan sejumlah masalah lainnya.

Kenapa hal tersebut terjadi pada beberapa wanita & tidak terjadi pada wanita yang lain, hal itu belum sepenuhnya dipahami, & barangkali tidak ada penjelasan tunggal perihal hal tersebut. Faktor genetika, penyakit tertentu, gizi, cara sistem kekebalan tubuh kalian bereaksi terhadap kehamilan, & faktor-faktor lain yg mungkin juga berperan.

Apakah memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil menempatkan kalian pada resiko tinggi untuk mengalami preeklampsia?
Ya. Jika kalian menderita tekanan darah tinggi sebelum kalian hamil, atau selama paruh pertama kehamilan kalian, kalian dianggap menderita hipertensi kronis, & dokter kalian perlu untuk memantau kalian dengan ketat selama kehamilan kalian untuk memastikan bahwa tekanan darah kalian tetap di bawah kontrol & bayi kalian berkembang. Dokter kalian juga akan melihat & memeriksa tanda-tanda preeklampsia & komplikasi lainnya.

Wanita yg menderita hipertensi kronis & juga secara bersamaan mengembangkan gejala preeklampsia, lebih beresiko tinggi untuk mengalami berbagai jenis komplikasi ketimbang dengan wanita yg hanya menderita salah satunya saja.

Faktor apa lagi yg menempatkan kalian pada resiko tinggi preeklampsia?
Biasanya, preeklampsia di alami oleh wanita untuk pertamak kalinya pada kehamilan pertama mereka. Kalau kalian sudah pernah menderita preeklampsia, kalian lebih beresiko untuk mengalaminya lagi di kehamilan berikutnya.

Semakin parah preeklampsia & semakin cepat dia muncul, semakin tinggi resikonya. Bahkan, jika kalian menderita preeklampsia berat yg dimulai sebelum minggu ke-30, peluang kalian untuk mengalaminya kembali mungkin mencapai 40%.

Faktor resiko lain diantaranya ialah:
Terkena hipertensi kronis.
Terkena gangguan pembekuan darah tertentu, penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit autoimun misalnya lupus.
Mempunyai kerabat dekat (ibu, nenek, kakak, atau bibi, misalnya) yg juga menderita preeklampsia.
Mengandung 2 bayi atau lebih (kembar).
Kelebihan berat badan (mempunyai indeks massa tubuh 30 atau lebih).
Hamil lebih muda dari umur 20 atau lebih tua dari umur 40.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Bahaya Protein Urine Positif 1 Bagi Ibu Hamil. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top