Banyak Minum Air Putih Tapi Sering Buang Air Kecil

Banyak Minum Air Putih Tapi Sering Buang Air Kecil



Buang air kecil atau kencing merupakan hal yg harus dilakukan secara teratur. Jangan pernah ditahan karena akan berbahaya untuk kesehatan. Namun ada tipe orang yg 'jadwal' buang air kecilnya cukup sering. Kenapa bisa terjadi? Berikut beberapa penyebabnya :

Banyak Minum Air Putih Tapi Sering Buang Air Kecil

1. Terlalu banyak minum. Jika kalian tipe yg suka minum dalam setiap situasi entah haus ataupun tidak, tentu buang air kecil bakal lebih sering & jika kalian sering buang air kecil karena mengomsumsi air putih yg banyak, itu hal yg wajar & akan baik-baik saja.

2.Kondisi kandung kemih. Ada 2 hal di sini yg pertama adalah apabila kandung kemih terlalu kecil maka air yg masuk akan tidak tertampung jadi dibutuhkan upaya buang air kecil untuk mengurangi jumlahnya. Kondisi kedua ialah kandung kemih yg terlalu aktif yg menyebabkan kalian selalu ingin buang air kecil. Keadaan tersebut bahkan bisa terjadi ketika kandung kemih tidak penuh. Supaya kandung kemih bisa lebih terkontrol, disarankan agar melakukan latihan penguatan panggul.

3.Penyuka kopi. Kopi merupakan minuman dengan kandungan kafein yg tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan bakal menyebabkan naiknya produksi urine.

4.Sedang tegang & gugup. Meskipun minum sedikit & kandung kemih normal-normal saja, bagi kalian yg mudah nervous, keadaan kepingin buang air kecil bisa terjadi. Hal itu karena sympathetic nervous system alias sistem saraf simpatik akan merespons kondisi gugup yg membuat tubuh memproduksi adrenalin lebih banyak yg pada akhirnya menaikkan produksi urine.

5. Habit atau kebiasaan. Ada orang yg punya kebiasaan harus buang air kecil walaupun tidak ingin. Hal itu biasanya terjadi jika ingin bepergian yg dirasa akan menyulitkan apabila harus buang air kecil. Ini mengakibatkan sebelum pergi, mereka jadi bolak balik ke WC untuk buang air kecil.

6. Mengalami penyakit tersendiri. penyakit diabetes & urinary incontinence dapat menyebabkan seseorang suka buang air kecil. Urinary incontinence adalah satu buah keadaan dimana seseorang sulit untuk menahan buang air kecil ketika lagi bersin, tertawa ataupun batuk. Hal itu terjadi kebanyakan pada perempuan. Satu dari beberapa penyebabnya adalah terjadi ketika melahirkan karena posisi melahirkan ada yg kurang tepat. Tapi hal itu bisa disembuhkan dengan cara diterapi.
    Baca Juga :


Share this: