Bayi 1 Bulan Sering Muntah Setelah Minum Asi

Bayi 1 Bulan Sering Muntah Setelah Minum Asi





Untuk seorang ibu, apalagi mereka para ibu muda atau ibu yg baru mengalami kali pertama mempunyai momongan, tentu saja merasa khawatir apabila melihat bayi mereka muntah.

Bayi 1 Bulan Sering Muntah Setelah Minum Asi

Jangan khawatir. Kebanyakan bayi memang suka sekali muntah. Mereka akan bersendawa, & seketika itu susu juga keluar dari mulutnya. Hal tersebut di masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan nama gumoh & biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab Bayi Muntah

1. Reflux Yang Masih Berkembang

Nama panjang dari refluks yakni gastro-esofagus reflux (GOR). Bayi mengalami refluks akibat katup otot di ujung pipa makanan, yg fungsinya untuk menahan makanan untuk tetap di perut, masih dalam tahap berkembang. Ini artinya, ketika perut bayi kalian penuh dengan ASI, makanan & asam lambung terkadang akan kembali ke atas pipa makanan.

Refluks dapat membuat bayi kalian membawa sedikit susu kembali ke mulut & muntah, juga kadang-kadang bisa juga membuat bayi cegukan. Hal itu kadang-kadang juga akan membuat bayi batuk, apalagi jika ASI atau susu masuk ke jalan yg salah. Jadi intinya hal itu adalah hal yg normal jadi kalian tidak perlu khawatir.

Walau begitu bukan berarti kalian bisa merasa aman-aman saja. Sebab ada kasus refluks yg lebih parah yg bisa membuat bayi menjadi sakit, & biasanya sering terjadi setelah makan. Keadaan tersebut sampai membuatnya menangis & sering kali terbatuk.

Jika bayi kalian mengalami hal itu, sebaiknya kalian berkonsultasi dengan dokter. Dia mungkin meresepkan antasida yg sudah dirancang buat bayi, atau mungkin pengental pakan yg bisa ditambahkan ke ASI ataupun susu formula.

2. Masalah pada Perut

Jika muntah bayi kalian terjadi secara tiba-tiba, atau apabila bayi kalian juga mengalami diare, ia mungkin mempunyai masalah pada perut seperti gastroenteritis. Gastroenteritis bisa dikarenakan dari infeksi virus atau bakteri. Jika kalian mengira kalau bayi kalian memang mempunyai masalah di dalam perutnya, maka segera hubungi dokter. Dokter terkadang akan meminta sampel kotoran bayi guna diperiksa & mengetahui cara terbaik untuk mengobati bayi kalian.

3. Penyakit atau Infeksi

Kadang-kadang, bayi yg muntah secara tidak normal bisa juga dikarenakan akibat adanya infeksi atau penyakit. Gejala atau Tanda-tanda jika muntah bayi kalian dikarenakan akibat infeksi atau penyakit diantaranya adalah, jika bayi kalian mengalami:

Demam
Mudah marah
Kehilangan selera makan
Lesu
Batuk
Ruam
Hidung tersumbat

Muntah juga bisa jadi salah satu gejala dari:

Flu
Infeksi saluran kemih
Demam berdarah
Infeksi telinga

Gejala-gejala di atas, termasuk muntah bisa juga menjadi gejala dari penyakit yg lebih serius seperti meningitis, yg membutuhkan pengobatan yg cepat. Jadi segeralah bawa bayi kalian ke dokter apabila gejala diatas kalian lihat dialami oleh bayi kalian.

Itu dia beberapa penyebab yg bisa membuat bayi kalian gumoh alias muntah. Penyebab yg lebih serius diatas sebetulnya sangat jarang terjadi. Gumoh itu lebih sering terjadi karena penyebab pertama (Reflux yg belum sempurna atau juga disebut masih berkembang). Jadi, bayi sering gumoh alias muntah seharusnya adalah hal yg tidak perlu dikhawatirkan selama gejala serius tak dialami bayi kalian, tapi bisa juga dikonsultasikan dengan dokter agar lebih meyakinkan kalian.


    Baca Juga :

Share this: