Bayi 5 Bulan Muntah Setelah Minum Susu Formula

Bayi 5 Bulan Muntah Setelah Minum Susu Formula



Perlu kalian ketahui bahwa bayi mengalami muntah adalah hal yg biasa apalagi ketika usianya masih beberapa minggu atau yg sering disebut dengan gumoh. Kejadian itu dikarenakan akibat cincin otot penghubung esofagus / tenggorokan dengan bagian lambung belum bisa menutup dengan sempurna. Keluhan seperti ini akan membaik seiring dari bertambah usianya sampai pada umumnya menghilang ketika ia sudah berusia 4 atau 5 bulan.

Selain yg sudah disebutkan diatas, ada sejumlah Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula yg harus kalian ketahui :

Bayi Aktif
Bayi yg terbilang terlalu aktif dapat memicu penyebab dari muntah setelah dia meminum susu formula. Bayi biasanya banyak bergerak, menggeliat, rewel atau bahkan menangis kuat sampai terbatuk-batuk. Hal itu akan membuat tekanan di bagian perut menjadi tinggi, sehingga susu yg sudah dikonsumsinya jadi keluar kembali dalam bentuk muntahan.

Melebihi Kapasitas Lambung Bayi
Bayi bisa muntah ketika susu formula yg masuk ditolak oleh tubuhnya sebagian disebabkan kondisi lambungnya yg sudah terisi penuh. Hal itu terjadi ketika bahan makanan yg sebelumnya terlebih dahulu masuk kedalam tubuhnya belum mencapai usus tapi sudah diisi lagi dengan bahan makanan berikutnya.

Posisi Ibu Ketika Memberikan Susu
Bayi akan mempunyai kecenderungan muntah jika ibu memberikan susu dengan posisi seperti berbaring, dengan posisi miring & bayinya dalam posisi berbaring terlentang. Air susu yg masuk ke dalam tubuhnya berisiko masuk ke saluran pernapasan & bukan ke pencernaan. Karena faktor ini bayi memuntahkan kembali susu yg sudah diminumnya.

Alergi
Penyebab muntah yg cenderung jarang terjadi yakni alergi terhadap protein yg dikandung susu formula atau bahkan mungkin juga ASI.

Susu Tidak Cocook
Bayi bisa saja tidak cocok karena susu formula yg kalian pilih. Untuk bayi yg masih berusia dibawah 1 tahun disarankan untuk memilih susu formula yg banyak mengandung protein whey.

Berikut dibawah ini ada 2 saran yg bisa kalian coba untuk meminimalisasi muntah pada bayi sesudah meminum susu formula :

Selesai minum susu formula, ada baiknya jangan langsung baringkan dia ke tempat tidur. Lebih baik kalian menggendong bayi kalian dengan posisi bayi tegak. Gendong si bayi selama kurang lebih setengah jam seusai dikasih susu supaya cairan bisa masuk & turun dengan baik.
Setiap kali memberikan si bayi bahan makanan apapun termasuk susu, biasakanlah untuk membuat bayi kalian bersendawa.
    Baca Juga :


Share this: