Bayi Mulai Bergerak Dalam Kandungan Usia Berapa Bulan

Bayi Mulai Bergerak Dalam Kandungan Usia Berapa Bulan





Gerakan bayi normal bakal terasa di usia janin lima bulan. ibu hamil belum merasakan gerak bayi biasanya karena usianya belum mencapai lima bulan. Berikut dibawah ini fakta-fakta menarik seputar tendangan janin di dalam kandungan.

Bayi Mulai Bergerak Dalam Kandungan Usia Berapa Bulan

1. Tendangan janin tak cuma 'tendangan'

Kalian semua tau bahwa bayi tumbuh & mulai bergerak di dalam rahim. Walaupun biasa disebut dengan tendangan, janin tak hanya menendang tapi juga melakukan gerakan lain misalnya gerakan diafragma, gerakan tangan, cegukan, berputar, jungkir balik & banyak lagi. Tapi tidak semua gerakan itu bisa dirasakan oleh ibu.

2. Tendangan janin sama dengan respon terhadap lingkungan

Di dalam rahim, janin kalian mencoba untuk meregangkan anggota badan buat bersantai atau berpindah, & karenanya kalian merasakan tendangan. Gerakan-gerakan tersebut adalah bagian dari perkembangan normal janin. Seseorang janin mungkin juga bergerak ataupun menendang dalam menanggapi rangsangan eksternal misalnya suara, cahaya atau bahkan makanan yg dikonsumsi sang ibu.

3. Janin lebih banyak menendang seusai ibu makan

Janin yg sehat tumbuh dengan kecepatan yg diharapkan bisa menendang sekitar 15 hingga 20 kali sehari. Umumnya mereka akan menendang lebih banyak lagi setelah makan atau sebagai respon terhadap suara yg keras.

4. Janin mulai menendang pada usia 9 minggu

Sebetulnya janin sudah bisa 'menendang' pada usia 9 minggu. Namun tendangannya hanya bisa 'ditangkap' oleh scan ultrasound & terlalu dini untuk seorang ibu agar merasakannya. Seorang ibu kebanyakan baru bisa merasakan gerakan setelah umur kandungan 18 atau 19 minggu.

5. Kurang tendangan tanda ada masalah

Janin yg sehat bakal menendang sekitar 15 sampai 20 x dalam sehari. Gerakan janin yg berkurang bisa jadi tanda ada sesuatu yg salah, karena mungkin janin tak mendapatkan nutrisi yg cukup atau oksigen.

Pengecekan janin dengan menggunakan ultrasonografi & tes non-stres, yg memeriksa pola denyut jantung janin, mesti dilakukan untuk mengevaluasi penyebab dari gerakan janin berkurang. Terkadang masalah serius mungkin bakal terdeteksi & persalinan segera dibutuhkan guna menyelamatkan janin.

Jika janin tak bergerak selama lebih dari 1 jam, walaupun ibu makan sesuatu, maka itu bisa menjadi suatu tanda adanya masalah. Terkadang gerakan janin cenderung melambat apabila kadar gula ibu menurun.


    Baca Juga :

Share this: