Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur Dimalam Hari

Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur Dimalam Hari



Tidur merupakan salah satu kebutuhan terbesar untuk bayi selain ASI (Air Susu Ibu). Bayi yg baru lahir sampai berumur 3 bulan (bayi usia 0-3 bulan), tiap harinya akan dihabiskan untuk tidur, meski siang ataupun malam. Biasanya, bayi akan bangun dari tidur nya setiap 1-3 jam sekali untuk meminta susu lalu tidur kembali atau melek sebentar & tidur lagi. Ketika usianya diatas tiga bulan atau menginjak empat bulan, waktu tidur bayi sudah cukup berkurang dari sebelumnya. Di usia tersebut, ketika bangun, bayi sudah bisa diajak buat bermain walau hanya sebentar, kemudian minta tidur lagi.

Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur Dimalam Hari

Penyebab Bayi Susah Tidur

Adakalanya bayi susah tidur yg ditandai dengan tidur bayi gelisah atau rewel atau menangis dikarenakan oleh sejumlah hal :

Suasana tidak tenang atau berisik
Bayi mengompol atau juga popok basah
Bayi lapar
Badan capek
Efek samping setelah imunisasi atau bayi tumbuh gigi
Bosan berada di tempat tidur
Bayi sakit, seperti batuk ataupun pilek
Udara yg dingin atau panas
Posisi tidur bayi yg tidak nyaman

Cara Mengatasi Bayi Yang Susah Tidur

Sebelum kalian mengatasi bayi susah tidur, kalian harus mencari tahu penyebab-penyebabnya, yg diantaranya seperti yg sudah disebutkan diatas sehingga kalian akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Dan berikut ini adalah sejumlah cara mengatasi bayi yg sulit tidur yg bisa kalian upayakan:

Jika bayi susah tidur di tempat tidur, coba untuk digendong sambil diayun perlahan-lahan
Redupkan lampu ruangan supaya tercipta suasana yg rileks.
Pijat bayi kalian secara teratur agar bayi tidur nyenyak.
Pastikanlah bayi sudah kenyang.
Coba pindah ke ruangan lain agar mendapatkan suasana yg baru.
Pada dasarnya, jika kalian tahu betul dengan kebiasaan bayi kalian, maka kalian akan lebih mudah untuk mengatasi bayi yang susah tidur. Tetapi sebaliknya, jika bayi kalian sehari-hari diasuh orang lain, maka kemungkinan besar kalian akan bingung penyebabnya apa.
    Baca Juga :


Share this: