Cara Bikin Bubur Kacang Ijo Untuk Ibu Hamil

Cara Bikin Bubur Kacang Ijo Untuk Ibu Hamil



Bubur kacang hijau adalah salah satu jenis bubur yg berbahan dasar kacang hijau, lalu dicampur santan dan gula merah, juga ditambahi daun pandan supaya mendapatkan aroma wangi yg khas. Biji dari kacang hijau itulah yg jadi bagian paling penting karena agar mendapatkan bubur kacang hijau yg nikmat harus dengan memanfaatkan bijinya. Betul iya kan?

Cara Bikin Bubur Kacang Ijo Untuk Ibu Hamil

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya itu berarti kacang hijau jadi pilihan tepat sebagai makanan sehat buat ibu hamil. Hal itu diarenakan kacang hijau mengandung protein nabati yg cukup tinggi & tentu saja sangat baik buat kesehatan ibunya sendiri ataupun janin yg dikandungnya. Gangguan kehamilan juga bisa diminimalisir.

Dari kandungan yg ada di dalam kacang hijau, banyak sekali manfaat yg bisa diambil apalagi sebagai makanan sehat buat ibu hamil. Dan juga, cara mengolah kacang hijau pun amatlah mudah. Stok kacang hijau juga sangat banyak sehingga mudah buat kalian untuk mendapatkannya.

Bagi kalian yg ingin membuat bubur kacang hijau sendiri langsung disimak cara masak bubur kacang hijau berikut dibawah ini:

Bahan :

- 400 gr kacang hijau
- 600 milliliter santan kental
- 2,5 liter air bersih
- 1 ruas jahe ( dimemarkan )
- 500 gr gula merah ( disisir halus )
- 1,5 sendok teh garam halus
- 2 lembar daun pandan yang sudah bersih

Bahan Pelengkap :

- vanili bubuk
- susu kental manis putih

Cara Masak Bubur Kacang Hijau :

- Cuci kacang hijau dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih, buang semua sampahnya termasuk kacang hijau yg mengapung karena kacang hijau yg mengapung artinya sudah rusak.
- Rebus kacang hijau di dalam 2,5 liter air bersih yg mendidih, biarkan hingga mengembang & empuk.
- Masukkan gula merah yg sudah direbus, kemudian disaring lalu tuang kedalam rebusan kacang hijau tadi.
- Masukkanlah jahe yg sudah dimemarkan & daun pandan kedalam rebusan kacang hijau kemudian biarkan sampai mendidih.
- Setelah itu tambahkan garam kemudian perlahan aduklah rebusan kacang hijau hingga benar-benar matang (supaya santan tidak pecah)
- Angakat & bubur kacang hijau siap buat disajikan
- Jika kalian menginginkan variasi rasa maka boleh menambahkan buah-buahan yg berbau wangi seperti potongan nangka. Bukan hanya itu, bisa juga dengan menambah ketan hitam ataupun biji mutiara agar mendapatkan rasa yg semakin enak. Kalian bisa campurkan tambahan sebagai pelengkap untuk bubur kacang hijau sesuai selera kalian.

Bubur kacang hijau pun siap kalian nikmati dengan dihidangkan ke dalam mangkok dan ditemani teh hangat. Yang perlu kalian garis bawahi ialah semua tambahan tersebut dimaksudkan supaya bisa menikmati bubur kacang hijau sbagai makanan sehat untuk ibu hamil.
    Baca Juga :


Share this: