Cara Cek Saldo Bpjs Lewat Sms

Cara Cek Saldo Bpjs Lewat Sms





Pemerintah mewajibkan seluruh perusahaan, untuk mengikutsertakan karyawannya ke dalam program JHT BPJS Ketenagakerjaan. Program JHT BPJS Ketenagakerjan ini memberi faedah uang tunai hasil akumulasi iuran dan hasil pengembangannya yg bakal dibayarkan sekalian jika peserta meraih umur pensiun (56 th.), Meninggal dunia ataupun cacat keseluruhan tetap.

Cara Cek Saldo Bpjs Lewat Sms

Dalam program JHT, iuran tersebut dibayarkan segera oleh perusahaan dengan cara memotong pendapatan pekerja dengan perhitungan 3,7 % dijamin perusahaan dan 2% dijamin pekerja. Atau jika ditotal maka sebesar 5,7% dari gaji. Untuk program yg lain seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), Jaminan Pensiun, JKM (Jaminan Kematian), dan Bukanlah Penerima Gaji, dapat dilihat di www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sampai saat ini pekerja cuma mempercayakan print out yg diantar oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap 1 tahun sekali untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaannya. Tapi sebetulnya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberi keringanan kepada pesertanya untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui cara-cara yg lain. Bisa melalui online / internet dan SMS, menggunakan piranti komputer atau mobile / hp via aplikasi yg disiapkan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo BPJS Lewat SMS

Untuk bisa mengecek saldo BPJS lewat SMS kalian harus registrasi dulu caranya adalah:

Ketik: DAFTARSALDO#NomorKTP#NamaKTP#TanggalLahir#NomorBPJSTK/KP#Email (jika ada) lalu kirim ke: 2757

tunggu SMS balasan yg menyatakan bahwa kalian sudah terdaftar, jika sudah, bisa langsung mengecek Saldo BPJS via SMS caranya adalah:

Ketik: SALDO (spasi) NomorBPJSTK/KPJ kemudian kirim ke : 2757

Note : hanya untuk pengguna Telkomsel dan Indosat

Cek saldo BPJS lewat Online
Langkah ini bisa dikerjakan bila peserta BPJS Ketenagakerjaan ketika mereka dalam jangkauan internet. Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui internet atau dengan cara online, peserta bisa mengaksesnya lewat website resmi BPJS Ketenagakerjaan, caranya seperti berikut :

Sediakan kartu BPJS Ketenagakerjaan ataupun Nomer KPJ kalian dan kunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.
Masukan user ID dan password di Login jika terlebih dahulu sudah pernah mendaftar. Tapi, bila kalian baru (belum pernah daftar), perlu mendaftar lebih dahulu lewat cara klik tulisan Registrasi di menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja).
Ketika mendaftar, pastikan tipe keanggotaan sebagai Tenaga Kerja dan isilah form yg sudah ada secara lengkap dan benar.
Kemudian pastikan Sepakat di kolom ketetapan pemakaian service.
Jika data sudah terisi lengkap dan juga benar, klik Daftarkan atau SUBMIT DATA.
Setelah kalian selesei mendaftar dan aktivasi melalui e-mail dan nomer HP, jadi kalian bisa segera mengecek keseluruhan saldo BPJS ketenagakerjaan kalian dengan cara online.


    Baca Juga :

Share this: