Cara Menaikkan Peranakan Yang Turun

Cara Menaikkan Peranakan Yang Turun





Turun peranakan atau juga disebut prolaps uteri adalah kondisi rahim yg bergerak keluar dari posisi normal, jadi posisinya turun & menonjol di dalam organ private wanita.

Cara Menaikkan Peranakan Yang Turun

Biasanya, rahim berada di atas organ private wanita, ditahan oleh otot & ligamen. Ketika peranakan turun, otot & ligamen membentang & menjadi lemah untuk menahan rahim dengan baik. Rahim jatuh pelan-pelan & bergerak keluar dari posisi normal, keluar ke dalam organ private wanita. Kandung kemih (pembawa urin), uretra (saluran urin), & kolorektal (otot tabung yg mengontrol usus) bisa juga ikut turun seperti rahim.

Penyebab

Turun peranakan sering dikarenakan kehamilan & kelahiran. Semakin sering kalian hamil, semakin rentan kalian terkena turunnya peranakan ini. Janin besar, persalinan yg lama, & menggunakan kekuatan berlebihan ketika melahirkan akan meningkatkan resikonya.

Penyebab lainnya yakni: usia, keseimbangan tubuh, kelebihan berat badan, & membawa barang-barang berat. Penyakit ini bisa terjadi apabila ada peningkatan tekanan patologis di perut, seperti batuk & sembelit yg dikarenakan merokok.

Apa saja pengobatan yg dapat dilakukan untuk menyembuhkan turun peranakan ini?

Pengobatan tergantung dari tingkat penyakit, usia, aktivitas hubungan sami istri, penyakit panggul, & kehamilan yg tidak diinginkan. Apabila gejalanya ringan, turun peranakan bisa diobati dengan:

- Menjalani latihan Kegel untuk membantu memperkuat otot & ligamen dalam menahan rahim & organ private pada tempat yg seharusnya
- Terapi hormon: krim hormon juga bisa membantu otot & ligamen lebih kuat
- Gunakan cincin di dalam organ private untuk menahan rahim pada tempatnya.

Selain itu peranakan turun yg parah akan membutuhkan operasi, terkadang bisa sampai dibutuhkan tindakan histerektomi.

Pengobatan dari rumah
Apa saja yg harus dilakukan untuk mengobati turun peranakan (prolaps uteri)? Gaya hidup & pengobatan rumahan berikut bisa membantu kalian mengatasi peranakan turun:

Jalani latihan Kegel setiap hari. Lakukan rutin guna memperkuat otot
Turunkan berat badan apabila kalian kelebihan berat badan
Buat keseimbangan tubuh, makanlah makanan bernutrisi, cukupi kebutuhan minum air, & makan makanan yg mengandung serat guna menghindari sembelit
Jangan membawa banyak barang yg berat
Coba kendalikan batuk

Jika ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter agar mendapat solusi terbaik untuk masalah kalian.

Kapan kalian harus periksa ke dokter?

Peranakan turun yg tidak diobati bisa menyebabkan serviks borok & meningkatkan resiko infeksi atau cedera organ panggul. Karena itu kalian ada baiknya segera temui dokter apabila:
- Pendarahan di organ private yg tidak normal, dysuria, atau mempunyai masalah ketika buang air kecil
- Menyadari gejalanya tidak sembuh setelah 3 bulan terapi ataupun berolahraga


    Baca Juga :

Share this: