Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak

Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak



Cara cek BPJS Kesehatan masih aktif ataukah tidak itu sangat gampang, sehingga kalian tidak usah merasa bingung saat ingin mengetahui status BPJS kalian. Rasa ingin tau apakah BPJS aktif ataukah tidak biasanya muncul kalau kalian ingin berobat atau saat teman-teman baru membuat kartu BPJS Kesehatan.

Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak

Bagi peserta BPJS Kesehatan yg baru mendaftar, kartu BPJS Kesehatan baru aktif setelah 14 hari sejak pembayaran pertama. Jadi berdasarkan aturan, kalian tidak bisa langsung merasakan nikmatnya manfaat BPJS Kesehatan sebelum 14 hari kepesertan.

Cara cek kartu BPJS aktif ataukah tidak bisa kalian lakukan dengan 2 cara, yakni dengan SMS & telefon. Gunanya mengecek BPJS aktif ataukah tidak yakni untuk memastikan kartu BPJS bisa digunakan buat berobat.

Mengecek aktifasi ini hanya jika kalian lupa kapan terakhir bayar iuran, sebab pada prinsipnya saat peserta telat bayar iuran maka kepesertaannya bakal otomatis menjadi non aktif. Kartu BPJS bisa diaktifkan lagi setelah peserta membayar semua tunggakannya.

Berikut ini cara cek BPJS apakah aktif atau tidak, meski untuk peserta baru ataupun lama.

1. Cek status aktifasi BPJS dengan cara sms gateway
NOKANOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : NOKA 0091520189406

Kirimnya ke : 087775500400

2.Telephone call center BPJS
Selain dengan SMS gateway, kalian juga bisa cek kartu BPJS apakah aktif atau tidak melalui telephone call center BPJS di nomor 1500400. Nomor tersebut adalah nomor resmi BPJS Kesehatan. Pada saat kalian mengecek kartu BPJS aktif atau tidak, admin bakal menanyakan nomor kartu BPJS, tanggal lahir & nama lengkap kalian. Jadi sebaiknya kalian siapkan data-data yg akan ditanyakan petugas, supaya status BPJS kalian nanti bisa langsung dicek.

Kalian bisa mencoba salah satu ataupun kedua cara cek kartu BPJS Kesehatan aktif ataukah tidaknya, jika SMS error, terlambat ataupun tidak ada balasan, itu dikarenakan banyaknya SMS yg masuk ke sistem BPJS Kesehatan. Kalian bisa coba lagi atau menggunakan cara yg kedua.

Demikianlah semoga informasi tersebut bermanfaat.
    Baca Juga :


Share this: