Ciri Ciri Sakit Tipes

Ciri Ciri Sakit Tipes





Secara umum tanda & gejala tipes yg dialami oleh orang dewasa sama dengan yg dialami oleh anak-anak. Gejala awalnya terlihat mirip penyakit influenza, tapi penyakit akan lebih parah setelah lebih dari satu minggu & gejalanya pun akan semakin jelas terlihat. Berikut dibawah ini beberapa gejala yg terjadi sesuai fase perkembangan infeksi bakteri di dalam tubuh :

Ciri Ciri Sakit Tipes

Gejala Tipes Minggu Pertama

Setelah penderita memperoleh infeksi bakteri selama 1 minggu, maka akan muncul gejala seperti ini:

Demam yg terus mengalami kenaikan di malam hari. Bahkan keadaan tertentu bisa menyebabkan demam sampai lebih dari empat puluh derajat Celcius.
Sakit kepala mulai dari bagian sekitar mata & bagian belakang yg menyebabkan penderita tidak bisa beraktifitas.
Nafsu makan yang terus menurun sehingga tubuh juga menjadi lebih lemah.
Gangguan pencernaan yg menyebabkan sembelit & diare.
Muncul batuk kering yg tidak bisa disembuhkan dengan menggunakan obat batuk.
Timbul bercak merah di kulit kaki & tangan.

Gejala Tipes Minggu Kedua

Penyakit tipes akan semakin parah jika sampai dua minggu terkena infeksi & tidak mendapatkan perawatan yg cukup. Penderita akan lebih sakit bahkan hingga tidak bisa melakukan aktivitas & timbul gejala seperti :

Demam yg terus naik & turun yg biasanya terjadi di sore, malam hari & siang hari.
Nafsu makan yg terus mengalami penurunan & tubuh terlihat semakin kurus.
Gangguan pencernaan yg sangat parah seperti diare & sembelit.
Perut bengkak & terasa lebih keras.

Gejala Tipes Minggu Ketiga

Setelah masuk ke minggu ke-3 maka penyakit tipes akan bertambah makin parah. Biasanya penderita sudah gak bisa melakukan aktifitas sama sekali. Tubuh penderita akan susah untuk berjalan ataupun bangun dari tempat tidur. Bukan hanya itu demam tinggi yg terjadi sepanjang hari akan membuat penderita makin parah. Biasanya di tahap ini sudah diikuti dengan beberapa gejala komplikasi penyebaran bakteri mulai dari usus ke bagian lainnya.

Gejala Tipes Minggu Kempat

Tipes di minggu ke-4 justru akan membuat penderita merasa lebih baik. Di masa ini biasanya penderita tak akan merasa demam & tubuh terlihat lebih bugar. Namun di fase ini malah ada bahaya yg mengancam. Di minggu ke-6 kondisi tubuh akan kembali seperti tipes di minggu pertama & komplikasi bisa menjadi semakin parah.

Segera konsultasi pada dokter jika kalian atau keluarga kalian mengalami demam tinggi & beberapa gejala seperti di atas. Tipes memang jadi penyakit yg sangat umum, tapi penyakit tersebut bisa dicegah dengan cara menerapkan pola hidup yg sehat. Semoga tulisan ini bermanfaat.


    Baca Juga :

Share this: