Ciri Khusus Eceng Gondok

Ciri Khusus Eceng Gondok





Eceng Gondok adalah tumbuhan yg hidup di air. Eceng Gondok terkenal juga dengan nama 'Kelipuk' di wilayah Palembang, 'Tumpe' di Manado, 'Ringgak' di Lampung, & 'Ilung-ilung' di wilayah Dayak. Tapi, untuk di kebanyakan daerah di Indonesia adalah banyak dikenal dengan sebutan 'Eceng Gondok'.

Ciri Khusus Eceng Gondok

Eceng Gondok mempunyai beberapa ciri khusus. Mengenai ciri khususnya adalah sebagai berikut:

1. Eceng gondok adalah tumbuhan air yg mengapung

2. Mempunyai tangkai daun yg menggelembung atau berongga

3. Eceng Gondok berakar di dalam tanah

4. Daunnya tunggal & berbentuk oval

5. Pangkal tangkai daunnya menggelembung, ujung & pangkalnya meruncing

6. Permukaan daunnya licin & berwarna hijau

7. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, klopaknya berbentuk tabung.

Tanaman Eceng Gondok ditemukan pertama kali dari salah seorang ahli botani Jerman yg bernama Carl Friedrich Philipp Von Martius yg secara tidak sengaja menemukannya saat lagi melakukan penjelajahan di Sungai Amazon, Brazil.
Tanaman Eceng Gondok juga seringkali dianggap sebagai gulma yg bisa merusak ekosistem air. Hal itu disebabkan dari sifat pertumbuhannya yg sangat cepat & juga mudah sekali untuk tersebar dari badan air satu ke badan air yg lainnya.
Bukan hanya itu, Eceng Gondok juga seringkali menghalangi masuknya sinar matahari kedalam perairan. Sehingga, makhluk hidup yg ada di perairan tersebut akan kekurangan vitamin & juga membuatnya sulit bernapas.
Coba kalian bayangkan, bahwa sepuluh tanaman Eceng Gondok tersebut bisa berkembang menjadi -+ 600.000 dalam waktu delapan bulan. Eceng Gondok itu bisa tumbuh hingga ketinggian empat puluh centimeter sampai delapan puluh centimeter.

Demikin pengetahuan yg bisa disajikan mengenai Ciri Khusus Eceng Gondok. Semoga berguna!!!


    Baca Juga :

Share this: