Jagung Kacang Tanah Dan Bayam Berkembang Biak Dengan

Jagung Kacang Tanah Dan Bayam Berkembang Biak Dengan





Tanaman jagung mempunyai batang tunggal disebut tangkai, dia tumbuh vertikal keatas dari tanah. Ketinggian tangkai tergantung dari jenis jagung & lingkungan dimana tanaman jagung ditanam. Jagung sudah digunakan oleh manusia selama bertahun-tahun & sudah menjadi tanaman yg sangat penting & banyak digunakan oleh manusia, tapi bagaimanakah cara berkembang biaknya jagung tersebut ?

Tanaman jagung berkembang biak dengan cara reproduksi pada tanaman jagung yakni reproduksi se* -ksual ( secara generatif ) & menghasilkan biji. Pada tahap reproduksi secara se* -ksual, siklus reproduksi dimulai saat jagung jantan mengeluarkan serbuk sari yg berguna untuk proses reproduksi jagung, serbuk sari ini mengandung tiga inti. Serbuk sari asalnya dari bagian rumbai dari tanaman jagung. Jagung ini memanfaatkan angin atau hewan sebagai sarana penyerbukan, hingga serbuk sari bisa dipindahkan oleh angin ataupun hewan. Ketika serbuk sari sampai ke jagung betina, kemudian dia membentuk embrio.

Tumbuhan jagung itu tumbuh dari hasil biji jagung yg di tanam. Setelah ditanam 3 sampai 4 hari, bakal tanaman tersebut akan timbul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan selalu tumbuh menjadi tumbuhan dewasa yg siap bereproduksi. 3 sampai 3 setengah bulan, buah jagung akan bisa dipanen. Buah jagung yg berbentuk seperti tongkol pada mulanya yaitu berupa sekuntum bunga. Bunga jagung itu terus berkembang dengan seiringnya waktu sehingga menjadi buah yg mempunyai biji. Dari sinilah akan dimulai kembali proses perkembangbiakan jagung.

Untuk bisa terus bertahan hidup, tanaman jagung butuh sinar matahari, gas, nutrisi, air & mineral. Jagung di tanam di seluruh dunia. Tanaman jagung bisa berkembang baik dalam keadaan hangat. Negara-negara dengan suhu yg lebih hangat seperti  Meksiko, Amerika Tengah, ataupun Amerika Selatan merupakan tempat yg optimal untuk tanaman ini. Banyak serangga, misalnya kumbang & kutu daun memakan jagung & dengan demikian menimbulkan masalah buat petani. Masalah lain yg dihadapi petani ialah penyakit. Penyakit umum jagung seperti Rust, Brown Spot, & Bakteri Leaf Blight menimbulkan masalah untuk petani yg ingin membudidayakan tanaman jagung ini.


    Baca Juga :

Share this: