Janin Usia 3 Bulan Apakah Sudah Bergerak

Janin Usia 3 Bulan Apakah Sudah Bergerak





Perempuan mengandung selama kurang lebih sembilan bulan 10 hari. Masa-masa kehamilan selalu dibagi menjadi tiga, yakni trimester pertama, trimester kedua, & trimester ketiga.

Janin Usia 3 Bulan Apakah Sudah Bergerak

Trimester pertama ataupun masa kehamilan tiga bulan pertama, merupakan masa yg rawan karena di masa ini janin belum terbentuk sempurna, & calon ibu berada di dalam tahap adaptasi.

Salah satu penyesuaian untuk ibu hamil adalah perubahan yg terjadi secara fisik ataupun psikis. Maka dari itu tidak mengherankan jika ibu hamil di trimester pertama ini mengalami mual & muntah pada pagi hari (morning sickness).

Di masa kandungan tiga bulan, janin sudah mengalami perkembangan. Di masa ini, ibu hamil harus tahu perkembangan janin, apakah sesuai sama perkembangan atau tidak.

Berikut ini perkembangan janin ketika berusia tiga bulan:

Usia kehamilan tiga bulan, janin sudah terbentuk bahkan suda terlihat organ utuh. Bentuk janin yg menyerupai manusia pada umumnya, fungsi dari organ sudah mulai terbentuk & berkembang.
Semua bagian wajahnya sudah terbentuk, diantaranya hidung, mulut, mata, telinga.
Di minggu ke sembilan, jika jenis kelaminnya laki-laki sudah bisa dilihat.
Janin sudah bisa membuka & menutup mulutnya & mulai berlatih menelan & menghisap
Di minggu ke 10, jenis kelamin perempuan bisa teridentifikasi dengan jelas.
Pad bagian tulang & otot sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Fungsi syaraf, otot & otak janin yg sudah berfungsi menyebabkan janin bisa bergerak & melakukan respon pada usia kehamilan tiga bulan.
Pergerakan di dalam kandungan dari janin belum bisa dirasakan karena ukuran yg sangat kecil. Walaupun sangat masih muda, hanya saja periode janin untuk bisa berlatih menelan, menghisap & juga buang air kecil sudah mulai berfungsi.
Masuk minggu ke sebelas, panjang tubuh mencapai 6,6 centimeter. Sesekali janin menguap. Bayi sudah bisa menelan cairan amnion & mengeluarkan kembali (kencing).
Perkembangan janin usia ke dua belas minggu, panjangnya mencapai 8 centimeter. Semua organ vital bayi sudah tebentuk. Janin usia 3 bulan normal apabila mengalami cegukan. Frekuensinya sampai 90 x cegukan dalam 1 jam.
Di usia kehamilan tiga bulan, ibu hamil mengalami perubahan di dalam tubuhnya. Di usia kehamilan tiga bulan, ibu mengalami pembesaran buah dada. Keadaan tersebut dikarenakan akibat hormon kehamilan yg meningkat. Hormon kehamilan menimbulkan pelebaran di pembuluh darah.

Pada usia kehamilan tiga bulan, seringkali sang ibu disarankan agar tidak melakukan kegiatan misalnya mengangkat benda berat & sering naik turun tangga. Hal itu dikarenakan, usia kehamilan tiga bulan dianggap masih rawan. Bukan hanya itu, di trimester pertama tersebut, sebagian besar ibu hamil mengalami mual & muntah.


    Baca Juga :

Share this: