Kenapa Bayi Sering Gumoh

Kenapa Bayi Sering Gumoh





Gumoh pada bayi kerapkali membuat ibu khawatir. Saat itu terjadi, beberapa pertanyaan yg sering muncul di benak ibu, apa penyebab gumoh pada bayi ya, apakah bayi gumoh berbahaya, & gimana cara mengatasi bayi yg sering gumoh ?

Apa Penyebab Bayi Gumoh ?

Gumoh adalah muntahan ringan atau juga disebut regurgitasi makanan yg biasanya berupa cairan & keluar hanya sedikit, seperti mengalir, atau bisa juga hanya menetes berupa susu yg baru saja di minum & bercampur dengan air liur. Keadaan tersebut lumrah terjadi pada bayi & biasanya merupakan kondisi yg normal. Beberapa data keterangan menunjukan bahwa gumoh bisa terjadi seketika setelah bayi meminum susu atau ASI, tetapi juga bisa terjadi 1-2 jam setelahnya. Setengahnya dari semua bayi yang berumur 0-3 bulan, gumoh setidaknya satu kali sehari. Puncak gumoh pada bayi terjadi di usia 2-4 bulan. Bayi sudah mulai jarang gumoh di usia 7-8 bulan. Bayi akan berhenti gumoh secara total pada umur 12 bulan. Penyebab terjadinya gumoh pada bayi memang bisa bermacam-macam, diantaranya adalah :

a. Volume lambung bayi yg masih kecil, ketika bayi meminum susu secara otomatis ada juga udara yg ikut masuk, udara terjebak ke dalam cairan. Ketika di lambung udara akan mecari posisi tertinggi karena berat jenis yg lebih ringan, lalu kemudian dikeluarkan dengan cara sendawa. Gumoh pada bayi terjadi saat bayi sendawa ternyata masih banyak cairan (susu) yg berada di atasnya maka cairan jadi ikut keluar melalui mulut ataupun hidung.

b. Klep penutup lambung pada bayi belum sempurna. Dari mulut, susu bakal masuk ke saluran pencernaan atas, baru setelah itu menuju ke lambung. Nah, diantara kedua organ tersebut ada klep penutup lambung. Pada bayi, klep tersebut biasanya belum sepenuhnya berfungsi sempurna. Karenanya, jika bayi langsung ditidurkan setelah disusui & juga menggeliat, susu bakal keluar dari mulut sehingga bayi jadi sering gumoh. Untuk mengurangi gumoh, berikankanlah susu sedikit demi sedikit.

c. Menangis berlebihan. Bayi yg menangis ketika menyusu akan menyebabkan banyaknya udara yg ikut tertelan bersama susu bahkan itu bisa membuat anak tersedak. Kepekaan pada makanan bisa menyebabkan gumoh pada bayi.

Gimana Cara Mengatasi Gumoh Bayi

Untuk mengatasi gumoh bayi yg normal, ibu tidak perlu membawanya ke dokter ataupun memberikan obat-obatan khusus. Ibu cukup berikan si buah hati cairan supaya terhindar dari dehidrasi. Jadi ibu tidak perlu khawatir berlebihan sebab gumoh biasanya tidak akan berdampak pada kondisi kesehatan bayi ibu. Untuk mengurangi banyaknya susu yg keluar saat gumoh, ibu bisa melakukan cara-cara berikut dibawah ini :

a. Jika bayi sering gumoh jangan memberikan ASI/susu ketika posisi bayi berbaring datar. Tetapi usahakanalah kepala lebih tinggi dari perutnya sekira 31 derajat. Setelah menyusui, posisikan bayi ibu dalam posisi tegak, misal dengan meggendongnya sampai dia bersendawa atau paling lama sekitar 31 menit. Di sini ibu perlu mengetahui cara menyusui bayi yg benar.

b. Hindari memancing aktivitas yg berlebihan setelah bayi menyusui. Karena stimulasi gerakan di perut lebih memungkinkan terjadinya gumoh pada bayi.

c. Berikan bayi ASI atau susu secara seimbang, jangan berlebihan, & jangan menunggunya sampai betul-betul lapar karena bayi aakan cenderung tergesa-gesa dan menyebabkan banyaknya udara yg masuk bahkan tersedak. Hal ini banyak menimbulkan terjadinya bayi sering gumoh.

d. Periksa lubang dot yg digunakan untuk memberikan ASI atau susu formula. Pastikan lubang tidak terlalu kecil, sebab jika terlalu kecil akan memungkinkan udara berasal dari luar lebih banyak yg masuk. Namun demikian, kalau lubang terlalu besar, susu jadi mengalir dengan deras & bisa memicu bayi sering gumoh juga.


Baca Juga :
Perlengkapan Membuat Kopi
Pasta Gigi Khusus Untuk Karang Gigi
Situs Cari Tiket Pesawat Murah
Aplikasi Jual Beli Online Bayar Di Rumah
Aturan Minum Exitox Green Coffee Bean
Tempat Pesan Tiket Pesawat Online
Website Pesan Hotel Murah
Aplikasi Beli Tiket Pesawat Online
Situs Beli Tiket Pesawat Murah
Situs Pembelian Tiket Pesawat Online
Aplikasi Belanja Online Bayar Di Rumah
Aplikasi Jual Beli Online Bayar Ditempat
Situs Booking Hotel Paling Murah
Nama Alat Untuk Meluruskan Rambut
Toko Online Yang Bisa Bayar Di Rumah
Cara Dapat Voucher Hotel Gratis
Harga Turbin Ventilator Untuk Rumah
Tempat Pemesanan Tiket Pesawat Online
Aplikasi Pesan Hotel Termurah
Aplikasi Pesan Hotel Paling Murah
Situs Untuk Booking Hotel
Website Beli Tiket Pesawat Online
Aplikasi Pencari Hotel Murah
Aplikasi Jual Beli Barang Bekas
Situs Pencari Hotel Termurah
Aplikasi Beli Online Bayar Ditempat
Tempat Pesan Tiket Pesawat Murah
Cara Pesan Hotel Tanpa Kartu Kredit
Aturan Minum Jamsi
Cara Mendapatkan Voucher Hotel Murah
Website Booking Hotel Termurah
Situs Belanja Hp Online Terpercaya
Situs Jual Beli Hp Online Terpercaya
Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Cepat
Situs Jual Beli Elektronik Online Terpercaya
Bagaimana Cara Membeli Tiket Pesawat Online
Aturan Minum Fiforlif
Pestisida Pembasmi Rayap
Amankah Green Coffee Untuk Penderita Maag
Susu Untuk Tambah Berat Badan Anak
Harga Green Coffee Asli Di Apotik
Jenis Pompa Asi Yang Baik
Aplikasi Pencari Hotel Termurah
Situs Belanja Online Gratis Ongkir
Website Penjualan Tiket Pesawat Online
Situs Belanja Online Paling Aman
Aplikasi Cari Hotel Terbaik
Aturan Minum Jamkho
Aplikasi Pencari Hotel Terbaik
Aplikasi Untuk Menjual Rumah
Toko Online Yang Bayar Di Rumah
Aturan Minum Green Coffee Bean
Sabun Muka Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
Persyaratan Booking Hotel
Cara Memperkuat Akar Rambut Agar Tidak Rontok
Aturan Minum Fleecy Bangle Tea
Situs Jual Beli Online Paling Murah
Situs Jual Online Terbaik
Cara Minum Qnc Jelly Gamat
Website Perbandingan Harga Hotel
Olshop Yang Bisa Bayar Ditempat
Aplikasi Pembanding Harga Hotel
Harga Jamu Kuat Lelaki Di Apotik

Share this: