Makanan Agar Mudah Melahirkan

Makanan Agar Mudah Melahirkan





Trisemester ketiga adalah fase penting buat ibu hamil untuk memastikan kebugaran badan tetap terjaga hingga masa persalinan datang. Kebugaran ini dapat diperoleh melalui pilihan makanan agar memperlancar persalinan normal. Bukan hanya pilihan makanan, persiapannya juga mesti didukung latihan fisik & pernapasan.

Makanan Agar Mudah Melahirkan

Pelaksanaan pemilihan makanan & latihan fisik yg tepat akan sangat membantu ibu hamil dalam menjalani kontraksi yg lancar ketika persalinan normal. Beberapa pilihan makanan yg bisa memperlancar persalinan normal, diantaranya:

Sup

Dengan kandungan nutrisi yg kaya, sup bening dari kaldu ayam ataupun daging bisa menjadi pilihan yg terbaik. Ibu bisa menambahkan sayuran & tahu untuk memperbanyak rasa. Sup bisa disimpan ke dalam kulkas untuk dihangatkan lagi menjelang proses persalinan.

Ikan Salmon

Ikan salmon menyimpan omega-3 yg bisa memenuhi kebutuhan tubuh ibu & perkembangan janin. Variasikan kandungan omega-3 bersama pilihan menu lain misalnya bayam, kedelai, atau telur. Untuk pilihan ikan, ibu bisa juga menggantinya dengan ikan lele.

Roti

Bukan hanya nasi, menu kaya karbohidrat bisa juga didapat dari roti tawar. Oleskan bersama selai buah agar memperkaya rasa & mencukupi kebutuhan energi.

Olahan Serealia (Cereals)

Cereals adalah salah satu sumber kalori yg mudah dikonsumsi. Tenaga ibu bakal tercukupi dengan pilihan rasa cereals yg cukup beragam.

Buah-Buahan

Buah-buahan mempunyai banyak kandungan yg cocok dikonsumsi menjelang proses persalinan normal. Tenaga yg ibu butuhkan dapat diperoleh dari kandungan karbohidrat, mineral, & vitamin. Pilihan buahnya juga sangat beragam, yaitu alpukat, apel, & pisang. Sebaliknya, jangan konsumsi buah bercita rasa asam misalnya jeruk atau anggur.

Yoghurt

Dengan kandungan karbohidrat & protein, yoghurt bisa menjadi pilihan lain buat menambah energi. Camilan tersebut juga praktis & mudah diselipkan ke dalam tas ketika waktu persalinan sudah dekat. Agar memperkaya rasa, sajikanlah yogurt bersama buah-buahan segar ataupun kacang-kacangan.

Biskuit

Sama bagaikan yoghurt, camilan biskuti merupakan penyelamat yg praktis & mengandung kebutuhan energi ibu hamil. Usahakanalah memilih biskuit tanpa rasa, misalnya biskuit susu atau biskuit gandum. Biskuit yg asin atau terlalu banyak krim malah bisa menimbulkan rasa mual yg mengganggu, bahkan bisa juga memicu hipertensi sementara.


    Baca Juga :

Share this: