Nama Ilmiah Bunga Sepatu

Nama Ilmiah Bunga Sepatu





Hampir semua orang suka bunga & tanaman bunga. Kabarnya bunga itu merupakan lambang keindahan. Aneka warna bunga membuat mata jadi senang untuk memandangnya.  Nah, sekarang ini akan dikemukakan artikel ringan mengenai bunga, yaitu kembang sepatu.

Nama Ilmiah Bunga Sepatu

Dari pulau Sumatera & negeri jiran Malaysia biasanya memberi nama bunga ini dengan Bunga Raya. Tentu saja, di daerah lainnya di Indonesia memberi nama bunga yg satu ini berbeda-beda. Kembang sepatu atau bunga raya memiliki nama latin hibiscus rosa-sinensis L.

Bunga raya tergolong tumbuhan semak yg banyak tumbuh di daerah tropis & subtropis. Tapi sering dijadikan sebagai tanaman hias karena mempunyai bunga beraneka warna. Tak cuma warna putih & merah. Bunga kembang sepatu juga mempunyai warna kuning, orange, merah tua & merah jambu. Bunga tersebut menjadi indah & menarik dipandang mata karena warna yg dimilikinya tersebut.

Dalam pelajaran IPA Biologi yang ada di sekolah, kembang sepatu termasuk ke dalam bunga tidak lengkap karena cuma mempunyai bagian perhiasan. Bagian perhiasan bunga merupakan mahkota bunga yg tersusun atas daun mahkota. Dan sebelah luar mahkota ada kelopak bunga. Bunga raya bentuknya terompet, bulat telur melebar, dengan ujung daunnya yg meruncing.

Bunga kembang sepatu, bukan hanya digunakan untuk perhiasan di taman ataupun di pekarangan, tapi juga dimanfaatkan untuk dijadikan obat tradisional. Misal, daun kembang sepatu digunakan untuk obat penurun panas pada anak-anak ataupun orang dewasa.


    Baca Juga :

Share this: