Ovarium Adalah Tempat Terjadinya

Ovarium Adalah Tempat Terjadinya



Struktur & organ reproduksi wanita memainkan peranan penting dalam proses reproduksi, yg mana meliputi siklus menstruasi, konsepsi (saat telur dibuahi oleh spema), kehamilan, & persalinan. Menurut letaknya, organ reproduksi wanita bisa dibagi menjadi dua, yaitu yg ada di luar & di dalam tubuh.

Mengenal Organ Reproduksi Wanita

Organ reproduksi wanita yg ada di dalam tubuh letaknya ada tepat didalam rongga panggul (pelvis). Organ-organ itu termasuk:

Vagi *na, organ yang terletak antara bagian bawah rahim & tubuh bagian luar ini adalah lorong atau jalan keluar untuk melahirkan.
Serviks atau leher rahim. Pintu masuk antara vagian & rahim yakni berupa lorong sempit. Dinding serviks juga fleksibel & bisa meregang ketika janin dilahirkan.
Rahim atau uterus, yakni organ berbentuk seperti buah pir yg menjadi rumah bagi janin yg sedang berkembang.

Ovarium Adalah Tempat Terjadinya

Ovarium, adalah kelenjar kecil berbentuk oval yg terletak dikedua sisi rahim. Ovarium berperan untuk menghasilkan telur & memproduksi hormon sek utama yg dilepaskan ke dalam aliran darah.
Saluran telur alias tuba Fallopi, yakni saluran sempit yg melekat di bagian atas rahim mengarah menuju ke ovarium. Saluran tersebut digunakan sebagai jalan untuk telur buat melakukan perjalanan dari ovarium ke rahim, dan tempat terjadinya pembuahan telur oleh spe r*ma.

Dan organ reproduksi wanita bagian luar berkelompok didaerah yg disebut vulva, atau berada diluar pembukaan vag *ina. Organ-organ tersebut termasuk:

Labia, adalah 2 pasang lipatan kulit di kedua sisi pembukaan va *gina bernama labia mayora & labia minora. Labia mayora (bibir kmaluan besar) berada dibagian luar & ditutupi dengan rambut kmaluan setelah memasuki masa pubertas, dan labia minora (bibir kmaluan kecil) yg tidak berambut.

Lubang uretra, tempat keluarnya air seni dari kandung kemih.

Sama seperti bagian tubuh yang lain, organ reproduksi wanita mempunyai peran yg sangat penting. Maka dari itu, sudah sepatutnya apabila organ reproduksi wanita dirawat kesehatannya supaya terlindung dari infeksi, cedera, & berbagai macam masala. Merawat organ reproduksi wanita membuat kalian memegang kendali dalam merawat kesehatan sendiri & bisa membantu melindungi kalian & orang yg kalian cintai. Jadi, rawat organ reproduksi wanita kalian mulai dari sekarang.jangan lupa mengunjungi dokter untuk menjaga kesehatannya sejak dini.
    Baca Juga :


Share this: