Penyebab Hamil Diluar Kandungan

Penyebab Hamil Diluar Kandungan



Kehamilan biasanya terjadi di dalam kandungan. Tapi ada juga kondisi tidak normal yg dikenal dengan istilah kehamilan ektopik alias kehamilan yg terjadi di luar kandungan. Penyebab hamil diluar kandungan tidak lain adalah sel telur yg dibuahi melekat kemudian berkembang di luar rahim. Kehamilan seperti itu tidak boleh dibiarkan terus bertahan karena bisa membahayakan nyawa ibu yg mengalaminya.

Penyebab Hamil Diluar Kandungan

Berdasarkan letaknya, mayoritas kehamilan di luar kandungan ada di tuba. Selebihnya terjadi di rahim, ovarium ataupun indung telur, rongga perut sekunder, rongga perut primer & juga kehamilan kombinasi yaitu ketika kehamilan di luar kandungan & kehamilan di dalam kandungan terjadi secara berbarengan.

Kehamilan di luar kandungan tidak boleh diremehkan. Karena kondisi tersebut bisa terjadi satu dari lima puluh kehamilan & menjadi salah satu pemicu kematian ibu di triwulan awal masa kehamilan. Biasanya pemeriksaan & pengobatan yg terlambat pada kondisi hamil diluar kandungan menjadi pemicu tingginya angka kematian ibu. Sel telur yg tumbuh di saluran tuba bisa pecah & menyebabkan perdarahan hebat yg berakhir pada kematian.

Ada sejumlah hal yg menjadi penyebab kehamilan di luar kandungan.  Sejumlah faktor tersebut diantaranya kelainan hormonal karena induksi ovulasi, masa subur yg terlambat, in vitro fertilisasi & transportasi ovum, gangguan transportasi hasil konsepsi misalnya radang pada panggul, penyempitan lumen tuba yg disebabkan adanya tumor, penggunaan alat kontrasepsi di dalam rahim, operasi yg dilakukan pada tuba setelah bedah mikro & juga abortus atau keguguran serta sejumlah penyebab hamil diluar kandungan lainnya yg masih menjadi perdebatan misalnya cacat bawaan, kelainan kromosom, & endometriosis.

Mengingat bahaya yg muncul karena hamil di luar kandungan itu, maka ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan sejak dini ketika kehamilan diketahui. Pemeriksaan kehamilan harus dilakukan secara teratur sehingga kondisi yg tidak normal seperti hamil di luar kandungan dapat segera diketahui. Semakin cepat kondisi tidak normal diketahui, maka tindakan yg tepat juga bisa dengan cepat dilakukan.
    Baca Juga :


Share this: