Samyang Halal Atau Tidak

Samyang Halal Atau Tidak





(MUI) Majelis Ulama Indonesia menerbitkan sertifikat halal untuk produk asal Korea, Mie Samyang yg di impor oleh PT Korinus. Direktur Eksekutif IHW (Indonesia Halal Watch) Komisi Hukum MUI (Majelis Ulama Indonesia), Ikhsan Abdullah mengatakan, PT Korinus sudah mengurus sertifikasi halal MUI dari tahun lalu.

Samyang Halal Atau Tidak

Mengenai sertifikasi baru bisa diterbitkan setelah melewati rangkaian pengecekan yg cukup lama. Ikhsan mengatakan semua produk Samyang yg di impor PT Korinus sudah bersertifikasi halal dari MUI.

"PT Korinus yg mengimpor produk Mie Samyang saat ini sudah mendapatkan sertifikasi halal. Pengajuannya memang sudah cukup lama," tutur Ikhsan.

Ikhsan bercerita untuk memberikan sertifikasi halal kepada produk Mie Samyang yg di impor PT Korinus, pihak Majelis Ulama Indonesia mendatangi pabrik pembuatan Mie Samyang yang ada di Korea Selatan.

MUI mengecek apakah semua bahan pembuat produk halal ataukah tidak. Rangkaian selanjutnya adalah pengecekan bahan produk di laboratorium sampai produk disidangkan ke fatwa MUI.

Setelah semua rangkaian proses barulah dapat diputuskan bahwa Mie Samyang halal untuk dikonsumsi.

Di dalam ketentuannya, MUI akan kembali menjalani audit kehalalan dalam kurun waktu 2 tahun. Tapi jika ada keluhan dari masyarakat, Majelis Ulama Indonesia bisa sewaktu-waktu mlakukan audit kehalalan lebih cepat.

Ikhsan menilai pengajuan sertifikasi halal untuk PT Korinus sudah tepat sebab pangsa pasar di Indonesia mayoritas penduduk muslim yg membutuhkan kepastian kehalalan dari sebuah produk.

"Ini kan menentramkan masyarakat, konsumen apalagi konsumen muslim yang ada di Indonesia. Jadi perilaku seperti ini patut diapresiasi, semakin jelas siapa produsennya & tidak mengandung bahan yg diharamkan," tutur Ikhsan.

Bebrapa waktu lalu penjualan PT Korinus sempat terdampak kepada isu produk Samyang yg tidak halal. Ketika itu produk Korinus memang belum mempunyai sertifikasi halal dari MUI, namun sudah mempunyai label halal dari Korea Muslim Federation (KMF) & izin edar dari Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM).


    Baca Juga :

Share this: