Tanda Melahirkan Pembukaan 1

Tanda Melahirkan Pembukaan 1





Memahami proses persalinan untuk Ibu hamil pertama kali, tentu saja masih awam mengenai gimana cara melahirkan, apa itu fase atau tahap pembukaan & lain sebagainya. Bagi kalian seorang Ibu muda tentu saja ingin sekali proses persalinan berjalan dengan lancar.

Tanda Melahirkan Pembukaan 1

Kalian juga mulai mencari-cari informasi tentang tahap persalinan, apa itu pembukaan & sebagainya. Persalinan adalah momen yg paling dinanti-nantikan bagi Ibu muda, sebab sudah tidak sabar bertemu dengan sang buah hati tercinta. Tidak cuma itu, kehamilan sendiri adalah momen yg paling indah untuk mngandung sang buah hati selama sembilan bulan.

Nah, ketika sudah waktunya tiba kalian sudah merasakan perasaan campur aduk & harap-harap cemas. Untuk kalian yg ingin mengetahui proses melahirkan & beberapa istilah di dalam proses persalinan akan saya berikan informasi menarik untuk kalian. Dalam dunia medis, proses persalinan itu sendiri mempunyai beberapa istilah sperti pembukaan.

Ya, tahap pembukaan adalah tahap awal sebagai tanda bahwa persalinan bakal segera berlangsung yg biasanya ditandai dengan kontraksi yg ringan. Kemudian kontraksi menjadi lebih kuat & teratur sebelum persalinan. Tahap yg paling awal dalam proses melahirkan ialah tahap pembukaan 1.

Apa yg dimaksud tahap pembukaan? Tahap pembukaan merupakan tahap membukanya serviks di mulai dari tahap awal pembukaan serviks sampai tahap pembukaan lengkap dari pembukan sebesar 1 hingga 10 centimeter. Tahap pembukaan 1 sendiri adalah sebuah fase yg sangat lambat yg membutuhkan waktu sampai 8 jam untuk pembukaan 0 sampai 3 centimetre. Selama masa pembukaan tersebut kalian akan merasakan kontraksi dari otot-otot rahim yg menarik cervix untuk membantu mendorong bayi agar turun sampai ke bawah. Fase pembukaan 1 adalah fase yg paling lama yg harus dilewati ketika proses melahirkan.

Tidak hanya membutuhkan waktu delapan jam saja, ada juga Ibu yg harus melewati fase pembukaan itu sampai berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Nah, ketika masa ini biasanya mulut rahim mngalami dilatasi sebesar 1 centimeter. Biasanya Ibu hamil akan merasakan mulas di dalam perut & sakit dibagian pinggang & punggung dengan kadar yg masih rendah. Sebagian Ibu, akan menglami sedikit pendarahan atau keluarnya lendir yg bercampur dengan bercak darah.

Kontraksi yg dirasakan ketika pembukaan pertama juga gak terlalu sering, sehingga kalian masih bisa melakukan aktivitas rutin ketika masih pembukaan 1 ini. Keadaan janin ketika pembukaan pertama ini umumnya sudah dalam posisi menuju jalan lahir, namun janin masih belum banyak bergerak di tahap ini untuk menuju bagian rongga panggul.

Sesudah pembukaan 1, kalian akan merasakan kontraksi yg semakin lama semakin kuat dengan intensitas waktu yg sering hingga teratur sampai pembukaan 10. Biasanya jika sudah mengalami tahap pembukaan 6, kalian sudah harus berada di ruang persalinan agar segera ditindaklanjuti oleh bidan ataupun dokter kandungan sampai proses melahirkan tiba.


    Baca Juga :

Share this: