Tanda Tanda Pembukaan 1 Pada Kehamilan

Tanda Tanda Pembukaan 1 Pada Kehamilan





Ada banyak indikator pembukaan yg tidak melibatkan jari ke dalam organ v. Indikator tersebut akan sangat membantu apabila kalian merasa sakit atau tidak nyaman. Kebanyakan perempuan akan mengeluarkan suara tertentu saat akan melahirkan. Suara kalian bisa memberi petunjuk mengenai lebar pembukaan serviks. Suara berikut biasanya mengikuti berbagai tahap persalinan & pembukaan serviks.

Tanda Pembukaan Kehamilan

Pada pembukaan 0-4 centimeter, kalian tidak banyak bersuara & bisa berbicara selama kontraksi tanpa begitu bersusah payah.
Pada pembukaan 4-5 centimeter, bicara sudah mulai sulit, bahkan hampir mustahil. Tapi, teriakan kalian masih cukup pelan.
Pada pembukaan 5-7 centimeter, kalian mungkin akan mengeluarkan teriakan yg lebih kencang & putus-putus. Pada saat itu, kalian sudah tidak bisa lagi berbicara selama kontraksi.
Untuk pembukaan 7-10 centimeter, kalian mungkin akan berteriak sangat keras & tidak bisa bicara sama sekali ketika kontraksi.

Jika kalian tipe wanita yg tidak berteriak ketika melahirkan, kalian tetap bisa mengecek pembukaan. Minta orang yg menemani untuk menanyakan sesuatu kepada kalian di awal kontraksi. Makin sedikit kata yg bisa kalian ucapkan ketika menjawab, makin lebar pembukaan kalian itulah cara mengetahui sudah sampai mana pembukaan pada kehamilan kalian.

Perhatikan emosi kalian. Persalinan adalah pengalaman emosional untuk perempuan. Emosi tersebut bisa menandakan berapa lebar pembukaan. Mungkin kalian akan mengalami emosi berikut selama proses melahirkan:

Bahagia & tertawa di pembukaan 1-4 centimeter.
Tersenyum & tertawa pada hal-hal kecil diantara pembukaan 4-6 centimeter.
Jengkel dengan lelucon & obrolan basa-basi dari pembukaan 7 centimeter sampai melahirkan.

Cium aroma pembukaan. Banyak orang mempehatikan aroma tertentu saat perempuan mengalami pembukaan 6-8 centimeter. Persalinan mengeluarkan aroma tertentu yg kental & berat. Jika kalian memperhatikan perbedaan tersebut dalam aroma ruang bersalin, serviks barangkali sudah membuka antara 6 & 8 centimeter.

Amati reaksi tubuh kalian. Banyak perempuan merasakan tanda-tanda fisik pembukaan yg bisa terlihat tanpa pemeriksaan organ v. Secara umum, banyak perempuan yg merasa seperti flu saat mendekati pembukaan 10 centimeter. Dengan memeriksa tanda & gejala tersebut, kalian bisa mengetahui lebar pembukaan. Dalam kebanyakan kasus, kombinasi tanda-tanda berikut bisa menjadi indikasi lebar pembukaan.

Bila merasa akan muntah, wajah memerah & hangat disentuh, berarti pembukaan kalian sekitar 5 centimeter. Mungkin kalian juga akan gemetar tidak terkendali. Muntah sendiri mungkin dikarenakan dari emosi, hormon, atau kelelahan.
Wajah yg memerah tanpa tanda-tanda lain adalah indikator bahwa kalian mungkin sudah membuka 6-7 centimeter.
Ketahui bahwa gemetar tidak terkendali tanpa tanda-tanda lain barangkali merupakan indikasi kelelahan atau demam.
Sadari apakah kalian menekuk jari kaki atau berdiri dengan berjinjit, yg merupakan tanda pembukaan 6-8 centimeter.
Rasakanlah apakah kalian merinding di bokong & paha atas, yg merupakan tanda pembukaan 9-10 centimeter.
Ketahui bahwa rasa ingin BAB juga merupakan tanda pembukaan sempurna. Mungkin kalian juga bisa melihat atau merasakan kepala bayi di perineum.

Merasakan tekanan di punggung. Saat bayi turun ke jalan lahir, kalian akan merasakan tekanan di berbagai titik di punggung. Semakin lebar pembukaan, semakin ke bawah tekanan yg dirasakan. Umumnya, tekanan bergerak dari daerah tulang pangul ke tulang ekor.


    Baca Juga :

Share this: