Tata Cara Mandi Besar Setelah Haid

Tata Cara Mandi Besar Setelah Haid





Untuk remaja putri ABG alias baru baligh. Baligh rata-rata ditandai dengan keluarnya darah yg biasanya kita sebut dengan "haid" ataupun menstruasi, lamanya masa haid juga berbeda-beda, tapi biasanya wanita haid selama tujuh hari.

Tata Cara Mandi Besar Setelah Haid

Setelah selesai haid kalian diwajibkan bersuci. Sayangnya banyak remaja putri yg bersuci tidak sesuai dengan tuntunan yg sudah diajarkan nabi. Mereka menganggap bahwa mencuci rambut, membasahi seluruh tubuh dengan menggunakan air & membersihkan kmaluan dari sisa darah saja sudah cukup. Anggapan tersebut tidak benar loh...

Hal ini terjadi akibat minimnya pengetahuan agama yg ia dapat, apalagi jika sang ibu juga tidak tau tata cara bersuci yg benar, sehingga tidak bisa mengajarkan kepada remaja putrinya. Namun tidak ada kata terlambat buat memperbaikinya.

TATA CARANYA:

Setelah selesai dari datang bulan, ambillah kapas kemudian lumuri kapas tersebut dengan menggunakan parfum atau sejenisnya (penting jangan pakai parfum yg mengandung alkohol supaya tidak perih).

Selanjutnya bersihkan kmaluan dengan menggunakan kapas yg sudah dilumuri parfum supaya hilang bau darah, hal itu berdasarkan hadis Nabi SAW dari Aisyah RA, bahwa seorang perempuan Anshor bertanya pada Nabi SAW: 'Bagaimana saya mandi dari haid?' Beliau menjawab: 'Ambilah sepotong kapas yg dilumuri dengan minyak wangi kemudian bersihkan dengan menggunakan itu. Dia bertanya kembali, 'Bagaimana saya membersihkan dengannya? Beliau jawab, 'Subhanallah, bersihkanlah.'  Aisyah RA mengatakan, "Maka saya menarik dia kemudian saya katakan, "Bersihkanla bekas darah dengannya." (HR. Bukhari & Muslim).

Kemudian mandi pakai tata cara berikut ini:

Menggunakan air bersih
Baca Bismillah
Basuh kedua tangan dengan menggunakan air
Basuh kmaluan dengan sabun & sejenisnya
Basuh kedua tangan sekali lagi dengan menggunakan sabun atau jenisnya
Berwudhu & meninggalkan kedua kakinya
Basuh kepalanya 3 x pakai air
Basuh tubuh bagian kanan 3 x pakai air
Basuh tubuh bagian kiri 3 x dengan menggunakan air
Lalu berdiri & membasuh kedua kakinya.

Jadi, untuk para remaja putri yg sudah membaca tata cara di atas, mulailah agar mengamalkannya setelah bersih dari datang bulan. Semua akan bernilai pahala apabila sesuai dengan tuntunan sunnah Nabi SAW. Semoga bermanfaat.


    Baca Juga :

Share this: