Apakah Muntah Membatalkan Puasa

Apakah Muntah Membatalkan Puasa





Puasa pada bulan Ramadhan hukumnya wajib untuk orang-orang beriman agar mendapat derajat takwa menurut Allah SWT. Jika kalian sudah mengetahui apa saja syarat sah, syarat wajib, & rukun puasa, hendaklah kalian juga mengetahui hal yg bisa membatalkan puasa.

Apakah Muntah Membatalkan Puasa

Bagaimana hukumnya muntah saat lagi puasa? Apakah puasanya batal ataukah tidak? Bisa iya bisa tidak. Apabila muntahnya disengaja maka puasanya batal, tapi kalau tidak disengaja maka puasanya tidak batal.

Puasa Muntah

Dari Abu Hurairah. Rasulullah SAW telah bersabda: "Barang siapa yg terpaksa muntah, tidaklah wajib mengqadha puasanya & barang siapa yg mengusahakan muntah, maka hendaklah ia mengqadha puasanya."
(HR. Tirmizi, Abu Dawud, & Ibnu Hiban)

Muntah yg terpaksa bisa terjadi karena lagi sakit, ketika dalam perjalanan, atau hal lainnya yg menyebabkan muntah dengan sendirinya. Hendaklah kalian jangan menahannya sekiranya itu akan jadi buruk untuk kesehatan & jangan juga memaksanya keluar, misal dengan memasukkan jari ke dalam tenggorokan, sengaja mencium hal yg bau agar muntah, ataupun dengan cara lainnya karena bisa membatalkan puasa kalian.


    Baca Juga :

Share this: