Aturan Minum CTM

Aturan Minum CTM





Sekarang ini telah terjadi fenomena minum CTM untuk dijadikan obat tidur. Sebetulnya CTM adalah obat alergi, tapi memang mempunyai efek mengantuk. CTM adalah antihistamin yg mempunyai efek samping menimbulkan rasa mengantuk, penggunaannya bukan cuma untuk obat alergi tapi juga sebagai campuran obat flu. Diberikan CTM akan menguntungkan untuk penderita supaya dia bisa istirahat & tidur nyaman. Karena dengan istirahat dengan begitu akan mempercepat proses penyembuhan.

Sebetulnya minum CTM sebagai obat tidur itu tidak salah (menurut sumber yg saya baca), karena CTM adalah obat bebas terbatas, tapi aturan pakainya yg harus diperhatikan. Begitu juga sama dosisnya, karena sebetulnya 1 butir CTM saja sudah cukup. Dosis yg diperlukan untuk menimbulkan efek kantuk yakni seperempat tablet CTM. Sehingga harus diingatkan kepada masyarakat bahwa penambahan dosis yg tidak terbatas malah akan menimbulkan efek racun (toksik).

Efek Samping Minum CTM

Minum CTM bisa mengganggu saluran pencernaan, hipotensi, efek anti muskarinik, tinitus, kelemahan otot, nyeri kepala, euphoria, stimulasi SSP, reaksi alergi & kelainan darah.

Chlorpheniramin Maleat atau yang lebih dikenal dengan sebutan CTM adala salah satu obat anthistaminika yg memiliki dampak sedative sehingga bakal memunculkan rasa kantuk. Faktor tersebut menciptakan penggunaan obat ini minum CTM ini sering dipakai juga untuk dijadikan obat tidur dibandingkan dengan fungsi utamanya sendri yakni anti-histamin.

Risiko sedative tersebut memang menguntungkan jika dikonsumsi bagi pasien yang butuh istirahat, tetapi bisa menganggu seandainya pasien yangg Minum CTM nya adalah orang yang masih dituntut untuk melakukan tugas dengan kewaspadaan tinggi. Maka dari itu, costumer obat ini dilarang untuk mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.

Aturan Minum CTM

Kegunaan Minum CTM
Untuk pengobatan terhadap gejala-gejala alergi, seperti : bersin, urticaria, rinorrhea, pruritis, dan lain sebagainya

Kontra Indikasi Minum CTM
Bisa memperburuk keadaan penderita asma retensi urin, bronkial, dan glaukoma

Efek Samping Minum CTM
Efek samping minum CTM yang suka terjadi yaitu dampak sedatif (rasa mengantuk), masalah di saluran pencernaan, mulut kering, dan hambatan miksi.

Dosis & Takaran / Aturan Penggunaan Minum CTM
Minum CTM untuk anak-anak usia 1 - 6 tahun : 0.25 dosis dewasa
Minum CTM untuk anak-anak usia 6 - 12 tahun : 0.5 dosis dewasa
Minum CTM untuk dewasa : 3 - 4 kali perhari 0.5 - 1 tablet

Simpanlah obat tersebut di lokasi yg kering, tertutup rapat dengan suhu sejuk atau suhu kamar. Selama penggunaan atau mengkonsumsi obat ini harus dengan resep dokter ataupun rekomendasi dari dokter. Diluar itu, ketika minum CTM ini, dilarang buat mengendarai kendaraan bermotor dan menjalankan mesin. CTM merupakan obat yang mempunyai interaksi dengan anti-kolinergik, alkohol, dan depresan syaraf pusat. Apabila mau dikonsumsi dalam jangka panjang konsultasikan terlebih dahulu hal tersebut kepada dokter agar terhindar dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Itu dia beberapa informasi mengenai aturan minum CTM beserta indikasi serta informasi-informasi yg lain yg bisa dijadikan sebagai sumber refrensi juga sumber wawasan untuk pembaca. Tetaplah jagalah kesehatan badan sebab kesehatan merupakan bekal bernilai yg tidak ternilai.


    Baca Juga :

Share this: