Aturan Minum Daun Afrika

Aturan Minum Daun Afrika



Baru-baru ini dunia kesehatan herbal dihebohkan sama penemuan daun yg mempunyai khasiat yg baik buat kesehatan. Daun tersebut terkenal dengan nama daun afrika. Walau membawa nama afrika, tapi hingga saat ini belum diketahui pasti daun ini asalnya darimana. Tapi di negeri China daun tersebut sudah sering digunakan untuk dijadikan obat herbal oleh masyarakat.

Daun Afrika

Di China daun afrika itu disebut dengan nama Nan FeiShu. Karena mempunyai manfaat yg sangat banyak buat kesehatan, diantaranya sebagai anti-diabetes yg bisa menuruhkan kadar gula darah untuk penderita diabetes melitus (DM) maka tanaman yg satu ini lagi dikembangkan di Indonesia. Di Indonesia daun afrika belum terlalu dikenal oleh masyarakat.

Daun Afrika Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Untuk menyembuhkan atau menurunkan kadar gula darah, dengan daun afrika sebaiknya di konsumsi setiap hari. Cara konsumsinya dengan dijadikan sebagai lalapan atau direbus. Jika dimakan secara mentah ataupun lalapan, sebaiknya daun afrika dimakan 3 kali sehari, dibarengi dengan jam makan yakni makan pagi, siang & malam hari.

Aturan Minum Daun Afrika

Sekali makan cukup 3 sampai 5 lembar daun afrika, tergantung ukuran besar ataupun kecilnya. Bila daunnya besar, maka cukup mengkonsumsi 3 lembar daun afrika untuk sekali makan. Tapi jika daunnya kecil maka ada baiknya dikonsumsi sebanyak 5 lembar daun afrika.

Sementara bila ingin dibuat rebusan, gunakanlah daun afrika sebanyak 5 lembar, kemudian direbus dengan menggunakan air secukupnya. Air rebusan tersebut akan menghasilkan 1 gelas rebusan daun afrika. Kemudian daun afrika diminum secara rutin 3 kali perhari. Air rebusan bisa diminum sebelum ataupun sesudah makan, tapi lebih baik sesudah makan. Tujuan dari meminum daun afrika yaitu untuk mengekstraksi ataupun mengambil zat-zat yg berkhasiat di dalam daun.

Jika di konsumsi secara rutin selama 3 hari, maka daun ini dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita Diabetes Melitus (Kencing Manis). Apabila persentase kadar gula darahnya sudah turun, itu berarti dosis untuk meminum rebusan daun afrika ataupun memakan lalapan daun afrika harus diturunkan. Misal dari 5 lembar daun afrika, cukup dipakai menjadi 3 lembar daun afrika.

Dan juga, jumlahnya juga harus dikurangi. Apabila biasanya diminum 3 kali perhari, maka jika kadar gula sudah turun berarti cukup 2 kali perhari saja, di pagi & sore hari. Tetapi, jika kadar gula darah sudah normal maka ada baiknya daun afrika diminum 1 kali perhari saja sebagai pengganti minum teh, misal di pagi hari, sebagai upaya perbaikan agar kadar gula darah stabil.

Efek samping daun afrika tidak diketahui secara pasti lantaran masih dalam proses penelitian. Tapi pada beberapa orang jadi sulit mengalami buang air besar (BAB). Misal, mereka yg BAB setiap hari, setelah makan ataupun minum rebusan daun afrika BAB-nya jadi 2-3 hari sekali. Tetapi persentase yg mengalami sulit BAB sedikit.
    Baca Juga :


Share this: