Aturan Minum Daun Salam

Aturan Minum Daun Salam



Daun salam bisa dimanfaatkan untuk hal kesehatan, seperti mencegah ataupun mengobati berbagai macam jenis penyakit. Tapi, jika pengguna tidak mengetahui bagaimana cara mengolah daun salam yang benar, segala manfaat yg ada di dalam daun rempah ini tidak bisa dirasakan secara maksimal. Biasanya, penggunaan daun salam amat ditentukan dari berbagai faktor, seperti umur konsumen, kesehatan & beberapa kondisi lainnya. Walaupun belum ada penelitian resmi yg menyatakan dosis yg tepat untuk mengonsumsinya, sebaiknya pengonsumsian daun salam tetap dilakukan dalam batas yg wajar.

Untuk itu, berikut dibawah ini aturan konsumsi atas penggunaan daun salam berdasarkan tujuan digunakannya.

Aturan Minum Daun Salam

1. Untuk Meredakan Batuk

Penggunaan daun salam untuk membantu meredakan batuk bisa dilakukan dengan cara yg sederhana. Pertama-tama, siapkanlah 2-3 lembar daun salam kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu, rebus daun selama -+ 11 menit. Jika sudah, diamkan rebusan air mendingin sampai aman untuk kulit. Apabila kehangatan sudah dirasa tepat, rendam kain lembut ke dalam rebusan air kemudian usaplah ke bagian dada untuk meredakan batuk, pilek, & flu yg diderita.

2. Untuk Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Penyajian daun salam untuk menjaga kesehatan kardiovaskular bisa dilakukan dengan mudah. Caranya, siapkanlah 10 lembar daun salam & cuci sampai bersih. Kemudian, rebus daun ke dalam sebuah panci yg sudah di isi 3 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, tunggu sampai dingin & minum rebusan air daun salam tersebut secara rutin setiap harinya agar hasil lebih baik.

3. Untuk Mengatasi Asam Urat

Untuk mengobati penyakit asam urat yg ada di dalam tubuh, rebusan daun salam bisa digunakan & dikenal efektif. Caranya juga cukup mudah, dimana daun salam direbus di dalam panci yg berisi air sebanyak 10 gelas. Rebus air menguap sampai kadarnya berkurang menjadi setengahnya. Setelah dibiarkan sampai hangat, rebusan air bisa diminum sebanyak 2 kali sehari untuk hasil yg terbaik.

4. Untuk Mengatasi Penyakit Ginjal

Untuk mengatasi beragam masalah yg menyerang ginjal, seperti infeksi ataupun batu ginjal, daun salam bisa digunakan sebagai cara alami. Langkah pertama ialah dengan menyiapkan sepuluh daun salam kemudian dicuci bersih. Setelah itu, rebus ke dalam panci yg sudah di isi 200 ml air. Rebus air sampai menguap & tersisa hanya 50 milliliter saja. Jika sudah, rebusan air bisa diminum setelah dingin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yg maksimal.

5. Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut

Air rebusan daun salam juga diketahui bisa menangkal berbagai masalah pada rambut & kulit kepala, seperti ketombe, rambut rontok, sampai kutuan. Caranya juga tergolong mudah. Pertama-tama, masukan daun salam sebanyak 50 gram ke dalam 400 milliliter air mendidih. Rebus sampai kadar air berkurang menjadi seperempatnya atau 100 milliliter. Setelah selesai, saring air rebusan & tempatkan ke dalam sebuah wadah. Sesudah dibiarkan sampai dingin, air rebusan bisa digunakan ke rambut untuk mengatasi beragam masalah yg sering muncul. Oleskan pada rambut & kulit kepala, kemudian diamkan selama kurang lebih 3 jam. Jika sudah, cuci rambut memakai air bersih & masalah rambut & kulit kepala pun tertangani.

6. Untuk Mengurangi Stres pada Kulit

Untuk mengatasi hal tersebut, cara yg dilakukan kurang lebih sama seperti berbagai cara di atas. 5 lembar daun salam direbus dalam 3 gelas air. Rebus selama -+ 2 menit, kemudian tuangkan rebusan air pada wadah yg anti-panas. Air setelah direbus biasanya menghasilkan uap air. Nah, uap air itulah yg bisa digunakan dalam mengatasi stres pada kulit dengan begitu kesehatan kulit akan selalu terjaga & terlihat terawat.

Kesimpulan

Jadi, bisa disimpulkan bahwa daun salam adalah tanaman herbal yg mempunyai beragam kandungan nutrisi. Walaupun daun salam sering dipakai hanya untuk bumbu penyedap masakan, ternyata daun ini juga bisa menunjang kesehatan konsumen dengan beragam cara. Walaupun begitu, konsumen juga harus memperhatikan aturan penggunaan & dosis yg dianjurkan supaya manfaat daun salam bisa didapat secara maksimal.
    Baca Juga :


Share this: