www.desywulandari.com

Aturan Minum Folic Acid



Folic Acid adalah satu dari anggota vitamin B Kompleks yg disebut dengan nama vitamin B9 yg juga merupakan satu dari beberapa sekian banyak vitamin esensial. Kalian juga mungkin lebih mengetahui asam folat sebagai bentuk dari Folat. Ini asam folat atau folic Acid merupakan versi sintetis yg digunakan untuk memfortifikasi makanan & suplemen. Folat sangat penting buat tubuh karena berfungsi untuk sintesis & perbaikan DNA, mendorong pertumbuhan sel & jaringan. Bahkan, manfaat ini hampir tak ada kelemahannya, & efek sampingnya juga relatif kecil.

Berikut manfaat luarbiasa folic acid atau yg juga disebut dengan suplemen asam folat untuk kesehatan & kehamilan

Membantu perkembangan janin yg normal selama kehamilan
Mengurangi resiko Stroke
Baik buat kesehatan Jantung
Membantu tingkat kolesterol normal
Baik buat kesehatan usus besar
Membantu meredam depresi sepanjang prenatal
Mengurangi resiko generasi manula terkait usia

Aturan Minum Folic Acid

Asam folat KEMUNGKINAN AMAN buat kebanyakan orang, baik diminum ataupun disuntikkan. Mayoritas orang dewasa tidak akan mengalami efek samping jika digunakan dalam dosis kurang dari 1000 microgram folic acid setiap hari.

Tapi Asam folat folic acid barangkali tidak aman jika diambil dalam dosis yg besar atau/dan jangka panjang. Masukan berlebihan suplemen asam folat bisa menyebabkan kram perut, ruam, diare, cepat marah, gangguan tidur, kebingungan,  sakit perut, mual, perubahan perilaku, kejang, reaksi kulit, gas, & efek samping lainnya.

Ada sejumlah kekhawatiran juga bahwa terlalu banyak mengkonsumsi folic acid dalam jangka waktu yg panjang bisa menyebabkan efek samping yg serius. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam folat dalam dosis 800-1200 microgram bisa meningkatkan resiko serangan jantung pada orang yg mempunyai masalah jantung. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengambil dosis tinggi tersebut juga bisa meningkatkan resiko kanker seperti kanker paru-paru ataupun kanker prostat.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Aturan Minum Folic Acid. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top