www.desywulandari.com

Aturan Minum Kayu Manis



Kayu manis sudah lama dianggap sebagai "rempah ajaib" diberbagai belahan dunia. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan bahan aktifnya seperti sinamil asetat, sinamaldehid & sinamil alkohol memang mempunyai manfaat bagi kesehatan. Meskipun hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas yg beragam & peranannya untuk menyembuhkan penyakit masih diperdebatkan tapi kayu manis sangat berkhasiat untuk meredakan masalah & gangguan saluran cerna, atau infeksi bakteri ringan seperti flu.

Aturan Minum Kayu Manis

Konsultasikan sama dokter terlebih dahulu. Ada beragam hal yg membuat mengkonsumsi kayu manis tidak sesuai dengan kondisi kalian, jadi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kalian juga harus menanyakan dampak negatif dari pemakaian kayu manis bersama obat-obatan lain yg kalian gunakan, baik obat bebas ataupun obat resep. Walaupun sebagian bukti penelitian memberi tau bahwa kayu manis bisa membantu mengendalikan gula darah untuk penderita diabetes tipe 2, kalian tidak boleh menggunakannya sebagai pengganti insulin.

Cari tau jumlah & frekuensi penggunaan yg tepat. Kayu manis adalah pilihan pengobatan yg belum terbukti & tidak ada panduan khusus mengenai jumlah yg sebaiknya dikonsumsi untuk kesehatan. Anjuran penggunaannya bermacam-macam antara ½ sendok teh sampai 6 sendok teh dalam satu hari. Jika cemas terhadap efek sampingnya, kurangilah konsumsi kayu manis kalian. Kayu manis dalam dosis yg tinggi juga beracun, jadi di dalam kondisi apa pun, jangan mengkonsumsi lebih dari 1 sendok teh ataupun 6 gram kayu manis dalam satu hari.

Ketahui siapa saja yg tidak boleh mengkonsumsi kayu manis untuk dijadikan suplemen kesehatan. Penggunaan kayu manis untuk dijadikan suplemen kesehatan masih diragukan & dalam kondisi tertentu, hal tersebut tidak dianjurkan. Kayu manis tidak boleh di konsumsi sebagai suplemen oleh anak-anak & ibu hamil. Ibu menyusui juga ada baiknya menghindar.

Hindari mengkonsumsi kayu manis berlebihan jika kalian menggunakan obat pengencer darah. Kalian tidak boleh mengkonsumsi kayu manis banyak-banyak selama memakai obat pengencer darah. Kayu manis mengandung sedikit kumarin, yg bisa mengencerkan darah cukup banyak. Kandungan kumarin di dalam kayu manis cassia lebih tinggi ketimbang dalam kayu manis ceylon. Mengkonsumsi kayu manis berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan pada hati.

Simpanlah kayu manis dengan benar & jaga kesegarannya. Simpan kayu manis ke dalam wadah kaca bertutup rapat, di tempat yg sejuk, kering, & gelap. Kayu manis bubuk masih bisa digunakan sampai 6 bulan. Batang kayu manis bisa digunakan sampai 1 tahun. Kalian bisa memperpanjang masa penggunaan kayu manis dengan menyimpannya di dalam wadah bertutup rapat di dalam lemari es.
Hirup aroma kayu manis buat memastikan kesegarannya. Pastikan aromanya manis, yg merupakan penanda pasti bahwa kayu manis tersebut masih segar.
Pilih kayu manis organik buat memastikannya tidak terpapar radiasi. Kandungan vitamin C & karotenoid di dalam kayu manis yg terpapar radiasi lebih rendah.


Peringatan : Jangan mengomsumsi suplemen kayu manis paling tidak satu minggu sebelum operasi buat menghindari komplikasi karena pengenceran darah. Penggunaan kayu manis untuk dijadikan bumbu masakan masih diizinkan, tapi bicarakan dengan dokter kalian untuk memperjelasnya.
Ibu hamil & menyusui tidak boleh menggunakan kayu manis untuk suplemen kesehatan.
Asupan kayu manis cassia dengan jumlah besar bisa menyebabkan keracunan karena kadar kumarinnya yg tinggi. Di sisi lain, kumarin tidak terkandung di dalam kayu manis varietas ceylon.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Aturan Minum Kayu Manis. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top