Cara Berlari Yang Benar Agar Tidak Mudah Lelah

Cara Berlari Yang Benar Agar Tidak Mudah Lelah





Poin penting yg harus diketahui dalam cara berlari supaya tidak mudah lelah ialah memperhatikan teknik pernafasan.

Cara Berlari Yang Benar Agar Tidak Mudah Lelah

Jika kalian merasa cepat lelah ketika lagi berlari, mungkin ada kesalahan di dalam tata cara kalian mengambil nafas. Ketika berlari ambilah nafas dari perut & bukan dada. Bernafas memakai pernafasan dada akan membuat kalian lebih mudah lelah & sesak nafas. Bernafas lewat perut selain baik juga bisa mengatur intensitas nafas dan membuat performa lari semakin efektif.

Selain dari dada, kalian juga bisa mengambil nafas dari mulut. Mulut terbukti bakal lebih banyak menghirup udara dan membuang karbondioksida yg sangat bagus untuk seorang pelari. Ketika bernafas melaui perut rahang & wajah kalian akan terlihat santai & membuat tubuh tidak gampang lelah.

Atur pola nafas kalian dengan cara bernafas pendek. Cara yg satu ini bisa membuat kalian berlari dengan durasi waktu yg cukup lama. Bukan hanya itu, dengarkan nafas kalian selama berlari. Cara itu biasanya disebut dengan komunikasi nafas. Adakalanya kalian harus tahu dimana kalian harus mengurangi ritme berlari, menambah dan menstabilkan ritme atau kecepatan berlari scara bertahap. Cara berlari supaya tidak mudah lelah yg lain adalah dengan mengatur tempo berlari dengan cara sebaik mungkin. Jangan terburu-buru buat berlari cepat di garis awal. Bukan hanya akan menguras tenaga hal tersebut juga mengakibatkan kalian merasa mudah lelah & bahkan tidak akan sampai ke garis finish.

Cara berlari supaya tidak mudah lelah semacam ini yg biasa sering dilakukan oleh para pemula. Mereka terobsesi buat melibas lawan di awal garis start tapi akan keok ketika medekati garis finish. Mulailah lari kecil terlebih dulu, usahakan kalian dapat mengatur nafas dengan baik. Pastikanlah siapa dulu lawan yg sesuai dengan kemampuan kalian berlari. Usahakan untuk menstabilkan keadaan badan kalian sekitar setengah permainan barulah kalian bisa beraksi membalap lawan kalian jika memang waktunya sudah mengharuskan.

Pastikan juga pemanasan kalian baik, pemanasan yg baik juga merupakan hal yg berperan penting di dalam cara berlari agar tidak mudah lelah. Pemanasan umumnya dilakukan 1 jam sebelum pertandingan atau latihan di mulai. Pemanasan untuk cabang olahraga lari kebanyakan berporos pada kekuatan anggota tubuh di bagian bawah terutama kaki. Tapi tidak diharusakan begitu, ketika berlari semua anggota tubuh bergerak, maka pemanasan disemua anggota tubuh juga harus untuk dilakukan.

Pastikan asupan nutrisi & cairan di dalam tubuh kalian dalam keadaan baik. Minum banyak air putih sebelum bertanding & lakukan juga setelahnya. Cara tersebut berguna untuk membantu pendinginan didalam tubuh selama berlari. Supaya tidak mudah lelah & lapar konsumsi makanan ringan bervitamin sebelum berlari. Pastikanlah juga istirahat kalian cukup & teratur supaya mendapat hasil yg semakin maksimal.


    Baca Juga :

Share this: