Cara Membooking Tiket Pesawat

Cara Membooking Tiket Pesawat



Sebetulnya untuk masalah cara booking tiket tidak terlalu ribet. Kalian tinggal buka situs resmi maskapainya, kemudian pilih rute & jadwal penerbangan yg dikendendaki. Kalau sudah cocok sama harga tiket yg tersedia, tinggal lanjut mengisi data diri sesuai identitas orang yg akan menggunakan tiket. Misalnya nama, alamat, nomor telepon & email. Jangan lupa pilih cara pembayaran melalui ATM sebelum mengklik tombol selanjutnya.

Cara Membooking Tiket Pesawat

Catatan: gunakanlah email yg valid, soalnya eTiket yg nanti bisa kalian cetak atau print sendiri, akan dikirim lewat email yg digunakan ketika booking.

Cara Bayar Tiket Pesawat Melalui ATM

Ketika proses booking sudah selesai, masalah datang di tahap terakhir yakni PEMBAYARAN. Bukan masalah serius sebetulnya, tapi membuat bingung! Kalian disuruh segera melakukan pembayaran melalui ATM (paling lambat tiga jam setelah booking) namun yg muncul cuma kode pesanan, kode pembayaran ATM & total harga tiket yg harus dibayar.

Nomor rekening tujuan bayar tiketnya, mana?? Karena bingung, saya mencoba mencarinya ke google. Dengan keyword 'cara membayar tiket pesawat melalui ATM', akhirnya saya mendapat jawaban dari sebuah blog. Rupanya untuk membayar tiket pesawat melalui ATM, seperti dengan pembayaran tagihan telepon & listrik melalui ATM. Sudah ada menu khusus buat pembayaran tiket pesawat pada bagian menu 'pembayaran' di ATM. Jadi, kalian tidak perlu tau nomor rekening tujuan pembayaran. Kalian cuma perlu memasukkan kode pembayaran yg didapat ketika booking.

Tiket Pesawat

Proses pembayaran tiket pesawat melalui ATM, kurang lebihnya seperti ini:

Setelah memasukkan pin ATM, masuklah pada menu PEMBAYARAN. Didalam menu pembayaran biasayanya ada pilihan menu lainnya, seperti: telepon, listrik, PAM, Tiket, dan lain-lain. Pilihlah menu tiket. Didalam menu tiket, ada lagi pilihan menu: kapal laut, kereta, bis, pesawat, dan lain-lain. Karena mau bayar tiket pesawat, tentu saja pilih menu 'pesawat' didalam pilihan menu pesawat, akan terlihat nama-nama perusahaan penerbangan yg sudah bekerjasama dengan bank ATM itu. Tinggal pilih nama perusahaannya misal lion air kemudian masukkan 'kode pembayaran ATM' yg diperoleh ketika booking.

Jika kode pembayaran ATM yg dimasukkan benar, akan muncul layar konformasi yg memperlihatkan nama, kode pesanan, nomor penerbangan, jadwal, harga tiket dan lain-lain. Kalau data konfirmasi itu sudah cocok dengan data yg kalian masukkan ketika booking, baru deh tekan BENAR/OKE atau LANJUTKAN. Sesudah menekan 'OKE' maka secara otomatis, sisa di dalam ATM akan terpotong sesuai dengan harga tiket & secara otomatis pula, eTiket bakal dikirim ke alamat email yg digunakan ketika booking. eTiket ini bisa dicetak/print sendiri ataupun kalau malas cetak sendiri, dapat di cetak di booth ataupun loket maskapai bersangkutan yg ada di bandara. Tinggal kasih saja kode booking tiket kepada petugasnya & tiket akan langsung di cetak.

Jangan lupa untuk ambil & simpan struk pembayaran yg keluar dari dalam mesin ATM. Sebab itu akan menjadi alat bukti yg sah, jika petugas di bandara meminta bukti pembayaran. Namun biasanya sih tidak diminta.

Untuk pemakai ATM BCA, sedikit membingungkan, karena pada menu pembayaran gak ada pilihan menu pembayaran tiket. Jadi ketika di dalam menu pembayaran, pilihlah menu 'lain-lain' kemudian masukkan kode perusahaan penerbangannya. Misal untuk Lion Air, kodenya ialah 710110. Setelah itu tekan YES/OKE baru masukkan kode pembayaran tiketnya. Proses berikutnya, sama seperti di atas.
    Baca Juga :


Share this: