Cara Membuat Ragi Tape Untuk Pakan Semut Jepang

Cara Membuat Ragi Tape Untuk Pakan Semut Jepang





Semut Jepang jadi kebutuhan orang banyak, karena mempunyai banyak manfaat baik buat kesehatan. Hewan berukuran kecil & berwarna hitam ini diyakini bisa mencegah dan menanggulangi beragam jenis penyakit misalnya diabetes, asam urat kencing manis & sebagainya.

Harga Pakan Semut Jepang

Sampai sekarang, belum ditemukan pakan yg cocok untuk budidaya semut Jepang kecuali cuma ragi tape. Pakan jenis tersebut bisa kalian beli di berbagai pasar tradisional dengan harga yg terjangkau, sekitar 6 atau 10 ribu rupiah per bungkusnya.

Dalam setiap bungkus atau kemasan, lazimnya ada sepuluh butir ragi tape dengan ukuran diameter dua centimeter & tebal sekitar setengah centimeter. Ragi tape adalah bahan yg biasanya dimanfaatkan dalam proses fermentasi untuk pembuatan tape & tempe. Berwarna putih, bentuknya bundar padat, tapi tidak keras.

Ragi Tape Semut Jepang

Setiap butir, bisa kalian gunakan untuk memberi makan semut Jepang sampai 100 ekor & habis dalam waktu sekitar dua atau tiga hari.

Semut Jepang adalah hewan yg tergolong rakus. Jadi kalian tidak boleh terlambat, supaya serangga tersebut terbebas dari rasa lapar. Apabila merasa lapar, mereka justru kehilangan hasrat buat kawin, karena akan bergerak terus buat mencari pakan.

Pakan Untuk Semut Jepang

Pakan bisa diberikan kapan saja tanpa ada batasan waktu, sore, siang, pagi dan malam hari. Alangkah baiknya memberikannya secara langsung dalam bentuk butiran, diatas tumpukan kapas.

Semut bakal datang dengan sendirinya, secara rombongan. Bahkan ada sebagian yg menggigitnya kemudian dibawa ke dalam sarang (rongga-rongga kapas). Sebelum memberikan makan, ada baiknya gunakanlah sarung tangan karet atau plastik & penutup hidung karena tape ragi memiliki aroma sedikit menyengat. Jika tercium, bisa menimbulkan bersin-bersin.

Perlu kalian pahami, semut Jepang mulai membutuhkan asupan lebih ketika sudah berubah jadi larva dari bentuk sebelumnya (telur). Jadi bila sudah menghasilkan telur, pemberian pakan harus kalian berikan dalam intensitas yg besar. Seperti indukannya, larva bisa juga mendatangi pakannya sendiri.


    Baca Juga :

Share this: