Cara Memperkuat Akar Rambut Agar Tidak Rontok

Cara Memperkuat Akar Rambut Agar Tidak Rontok



Rambut dihasilkan dari folikel rambut di lapisan kulit terdalam kepala. Komposisinya yakni protein & pigmen. Karena diproduksi dari tubuh,  perubahan pada sistem & metabolisme di dalamnya akan mempengaruhi jumlah, bentuk, & tekstur rambut.

Kulit kepala terdiri dari sejumlah komponen, diantaranya kelenjar minyak, akar rambut (folikel), syaraf & pembuluh darah. Mereka semua tugasnya untuk mendistribusikan minyak, hingga meregulasi temperatur di permukaan kulit. Salah satu yg menyebabkan kulit kepala jadi tidak sehat adalah kulit yg kekeringan atau dehidrasi.

Cara Memperkuat Akar Rambut Agar Tidak Rontok

1. Gunakan shampoo yang mengandung ginseng.

Manfaat ginseng untuk rambut memang sudah terkenal sejak dahulu. Kandungannya bisa memancing pertumbuhan rambut dengan cara menstimulasi aliran darah ke kulit kepala. Hal itulah yg membuat folikel rambut menjadi sehat & kuat. Kini kalian tidak perlu repot mencari ginseng & menggunakan ekstraknya ke kulit kepala. Ekstrak ginseng banyak ditemukan di dalam berbagai macam produk perawatan rambut & sampo.

2. Memilih model rambut yang tepat.

Normalnya, kalian akan ekstra hati-hati jika lagi memegang bayi. Inilah yg harus kalian lakukan terhadap rambut kalian. Jangan menggosok rambut & kulit kepala kalian terlalu keras, ataupun membungkusnya dengan menggunakan handuk terlalu lama. Hal tersebut akan menyakiti folikel rambut kalian. Kalian juga harus bijak di dalam memilih gaya rambut. Misal, jangan menggunakan gaya ponytail yg terlalu kencang ketika kulit kepala lagi bermasalah karena hal itu bisa memperburuk keadaan. Ketegangan yg dialami oleh folikel akan membuat folikel rapuh, bahkan bisa membuatnya rusak. Ketika kulit kepala lagi bermasalah, sebaiknya kalian mencoba model rambut kepang ataupun low ponytail. Memilih model rambut yg tepat merupakan salah satu cara untuk menguatkan akar rambut.

Memperkuat Akar Rambut Rontok

3. Menyisir rambut dengan benar.

Barangkali belum banyak yg tau kalau menyisir rambut bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam kepala. Akibatnya, masih banyak yg menyepelekan cara menyisir. Kebiasaan buruk tersebut harus kalian hentikan karena cara menyisir yg salah, misalnya terlalu keras, bisa membuat folikel menjadi rapuh hingga rambut menjadi mudah rontok. Lalu, gunakanlah conditioner setiap selesai keramas supaya rambut tidak menjadi kusut.

4. Spa di salon.

Perawatan spa ke salon rupanya bisa menyehatkan kulit kepala kalian. Pijatan yg dilakukan oleh terapis yang ada di salon dalam melancarkan aliran darah & memberikan kelembapan yg diperlukan. Rasa rileks yg didapat bisa juga membuat kulit kepala kalian tenang & siap bekerja untuk mempertahankan rambut yg sehat.

Rambut Rontok

5. Makanan sehat.

Walau klise, tapi hal ini cukup penting. Diet yg tidak sehat seringkali menyebabkan kerontokan rambut. Makanlah makanan yg mengandung banyak zat besi misalnya sayuran hijau, kacang-kacangan, ataupun daging merah. Zat besi bermanfaat untuk membawa oksigen kepada folikel rambut & kekurangan oksigen bisa melemahkannya. Memastikan asupan protein yg cukup seperti telur, tuna, ataupun daging ayam merupakan salah satu cara untuk menguatkan akar rambut.

Cara menguatkan akar rambut rupanya tidak sulit, bukan? Jika kalian rutin mengikuti tips tersebut, kalian akan melihat perbedaan yg signifikan di dalam beberapa hari ke depan.
    Baca Juga :


Share this: