Cara Mendidik Anak Supaya Nurut Sama Orang Tua

Cara Mendidik Anak Supaya Nurut Sama Orang Tua





Setiap orang tua tentu saja menginginkan anaknya nurut. Tapi pada kenyataannya bukan hal yg mudah mendidik seorang anak supaya bisa nurut dengan perkataan orang tua. Ada yg beranggapan bahwa dengan memukul bakal membuat anak menjadi nurut. Tapi ada juga yg beranggapan memukul anak bukan cara tepat supaya anak menjadi penurut. Mana yg paling benar ?

Cara Mendidik Anak

Di dalam sebuah hasil penelitian & juga sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yg bernama Family Psychology mengatakan bahwa mayoritas anak yg mendapatkan perlakukan kekerasan secara fisik bakal berdampak kurang baik untuk tumbuh kembangnya kelak.

Bahkan di dalam sebuah hasil penelitian yg menyebutkan bahwa anak yg masih kecil & kerap mendapatkan perlakuan kekerasan bakal mempengaruhi temperamen anak tersebut & kondisi itu akan berjalan hingga usia anak remaja.

Dari pada kalian memberikan perlakuan keras pada anak supaya nurut, berikut beberapa alternatif yg bisa kalian lakukan :

Cara Anak Supaya Nurut Orang Tua

1. Paparkan Konsekuensinya
Tips pertama yg harus dilakukan oleh para orang tua yakni dengan membeberkan konsekuensi kepada anak. Misal "kalo si anak nakal, maka mainannya akan mama jual". Jangan suka mengucapkan kepada anak "kalo kamu nakal, maka mama akan pukul kamu". Beberkan konsekuensi kepada anak jika melanggar.

2. Konsisten dengan aturan yg sudah dibuat
Tips kedua supaya anak menjadi penurut tanpa memukulnya ialah dengan cara konsisten di dalam menerapkan aturan yg sudah dibuat. Kalau sebelumnya kalian membuat aturan jika anak nakal, maka mainannya akan dijual. Maka bisa kalian akali anak dengan menyimpan mainan anak tersebut ke tempat yg tersembunyi sehingga anak akan melihat konsekuensinya bila melanggar ataupun nakal.

3. Beri imbalan ketika anak bersikap baik
Langkah yg ketiga adalah dengan memberikan imbalan bila anak berbuat baik. Ini merupakan salah satu motivasi untuk anak supaya mau berbuat baik ataupun nurut dengan perkataan orang tua. Misal kalau anak nurut, maka orang tua akan membelikan makanan kecil & sebagainya.

Jadi kesimpulannya ialah jangan beranggapan bahwa dengan menerapkan kekerasan fisik ke anak akan membuatnya jera atau nurut pada kalian. Justru hal tersebut akan berdampak kurang baik buat temperamen anak & mengganggu tumbuh kembangnya.


    Baca Juga :

Share this: