Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 1 Tahun

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 1 Tahun





Gangguan kesehatan yg terjadi di kulit ini bisa sangat membebani kenyamanan. Biang keringat atau juga disebut Miliaria bisa terjadi akibat adanya sumbatan pori kulit dimana pori tersebut menjadi jalur keluar dari keringat. Sumbatan tersebut bisa karena debu, kotoran atau dari kuman sehingga terbentuklah bintik-bintik merah & gatal. Semakin banyak pori yg tersumbat kotoran maka akan smakin banyak pula bintik-bintik gatal pada kulit.

Cara Mengatasi Biang Keringat

- Pertama, pilih pakaian dengan bahan yg bisa menyerap keringat seperti katun. Jangan pilih bahan pakaian yg licin & membuat kulit terasa panas.
- Jika pakaian basah karena keringat, segera ganti dengan yg baru.
- Jangan menggugnakan baju berbahan wol karena tak bisa menyerap keringat. Kulit anak yg sensitif juga mudah gatal jika menggunakan baju berbahan wol ini.
- Jika anak berkeringat secara berlebihan, mandikan anak secara lebih sering apalagi ketika mau tidur.
- Rawat kebersihan kulit dengan memandikan bayi dengan teratur dan mengganti bajunya dengan teratur juga supaya kulitnya bisa bernapas dengan baik.
- Gunakanlah lotion khusus dengan kandungan zat calamine yang ada di dalamnya untuk mengurangi biang keringat yg disertai rasa perih.
- Jangan memberikan bedak yg tebal pada kulit kepala basah karena bakal membentuk adonan dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori tersebut bisa menyebabkan biang keringat.
- Bedak di bagian tubuh lain juga ada baiknya tidak diberikan dengan terlalu tebal supaya tidak menyumbat pori-pori & menyebabkan biang keringat.
- Potong kuku bayi secara teratur karena bayi suka sekali menggaruk bagian kulit tertentu yg bisa jadi lagi terkena biang keringat. Memotong kuku juga bakal mengurangi risiko iritasi ataupun infeksi pada kulit. Bayi yg masih berusia di bawah 6 bulan bisa menggunakan sarung tangan khusus bayi supaya tidak menggaruk kulit terlalu sering.

Mengatasi Biang Keringat Dengan ahan Alami

- Biang keringat bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami. Misalnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya juga mudah, cukup dengan mengoleskan jel dari lidah buaya ke daerah yg terkena biang keringat. Lidah buaya bakal memberi rasa dingin ke kulit & gatal-gatal jadi berkurang.
- Cara lain yg bisa digunakan yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 gelas air dingin. Dengan memakai kain waslap, kompres bagian tubuh yg terkena biang keringat supaya pori-pori yg tersumbat bisa teratasi.

Bayi 1 Tahun

Jika biang keringat semakin parah & sudah berkembang sampai menjadi infeksi kulit, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Biang keringat tampaknya terlihat sepele, tapi biang keringat tetaplah sebuah masalah kesehatan sehingga harus diatasi dengan segera supaya tidak berkelanjutan. Dan juga, rasa tidak nyaman dari biang keringat dapat mengganggu aktivitas bayi sehingga dia gelisah ketika tidur atau tidak mempunyai nafsu makan. Penanganan yg cepat & tepat juga bisa mencegah terjadinya kembali biang keringat.


    Baca Juga :

Share this: