Cara Mengatasi Muntah Pada Anak Usia 4 Tahun

Cara Mengatasi Muntah Pada Anak Usia 4 Tahun





Muntah pada anak dikarenakan banyak hal, mulai dari masalah di dalam saluran cerna itu sendiri ataupun masalah di luar saluran cerna. Rasa mual juga mempunyai banyak faktor.

Muntah Muntah Anak 4 tahun

Apakah si kecil lagi batuk ataukah pilek? biasanya lendir yang ada di leher sering menyebabkan anak merasa mual & menjadi muntah. Tetapi harus saya pastikan dahulu apakah penyebabnya berasal dari saluran cerna ataukah tidak, biasanya diikuti dengan rasa tidak enak di perut, diare atau juga disebut sembelit, atau gejala lainnya.

Cara Mengatasi Muntah Anak Empat Tahun

Satu hal yg harus kalian perhatikan ialah pola makan si kecil.
Anak usia empat tahun, (di atas satu tahun) sebaiknya tidak mengonsumsi susu secara berlebihan. Di usia tersebut cukup diberikan maksimal dua kali saja.
Hal itu akan mempengaruhi perkembagnan saluran cerna si anak. Biasanya dengan konsumsi susu formula berlebihan, sering ditemukan masalah sulit BAB.
Di usia ini, mengomsumsi makanan padat harus mendapat perhatian dari kalian sebagai orang tua. Anak akan cendrung menolak makanan padat karna mereka lebih memilih susu & itu bukan hal yg baik untuk perkembangan saluran cerna mereka.
Dan akan sangat sulit bagi kalian untuk mengurangi susu tersebut, tapi bisa dilakukan misalnya dengan mengurangi sedikit demi sedikit, misal menjadi lima gelas dalam dua minggu atau tiga minggu, kemudian dikuangi lagi menjadi empat dan seterusnya, tapi tidak langsung secara drastis dikurangi menjadi dua gelas sehari, karena nanti akan menimbulkan masalah secara psikologis dari anak.
Dan juga kalian bisa menggunakan pendekatan psikologis dengan menggunakan hadiah atau pujian.

Sedangkan untuk mengurangi rasa mual atau muntah, kalian bisa membuat sirup manis, bukan asam, dengan memakai air es/dingin. Mintalah si kecil untuk minum sedikit demi sedikit pakai sedotan, tidak harus banyak banyak. Penting diperhatikan yakni sirup manisnya, jangan terlalu kental atau jangan memakai teh. Selamat mencoba


    Baca Juga :

Share this: