Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Mengembang Secara Tradisional

Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Mengembang Secara Tradisional





Salah satu kebiasaan seseorang mengatasi rambut kering & mengembang yg kerap dilakukan yakni menggunakan tutup kepala & mengikat rambut, tapi hal itu justru bisa menimbulkan masalah baru, seperti munculnya ketombe karena kulit kepala seringkali lembab karena ditutup. Biasanya rambut mengembang akan semakin tampak setelah keramas.

Penyebab Rambut Mengembang

Rambut sering terkena sinar matahari secara berlebihan.
Faktor keturunan atau juga disebut genetika.
Alat catok.
Hair dryer.
Suka keramas pakai air hangat.
Kondisi cuaca, seperti kelembaban udara.
Penggunaan produk rambut yg tidak tepat.
Sering terkena bahan kimia, seperti cat rambut.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Pada dasarnya ada begitu banyak cara yg bisa dilakukan untuk mengatasi rambut mengembang. Dengan penataan rambut yg tepat, maka masalah tersebut bisa segera diatasi.

Secara Tradisional

Potong Rambut Secara Teratur
Walaupun tidak mengganti modelnya, selalu pastikan buat memotong ujung rambut sekitar beberapa centimeter selama 6 - 8 minggu sekali guna menghindari pemicu rambut bercabang. Pilih model layer panjang dari mulai tulang pipi, ke arah bawah area rambut supaya terlihat tipis. Jangan memotong rambut terlalu pendek jika rambut kalian jenisnya keriting ataupun mengembang. Karena potongan pendek bisa membuat rambut semakin susah buat diatur.

Rambut Kering

Kebiasaan Keramas
Sering melakukan keramas dapat melenyapkan kelembapan alami rambut, karena shampo bisa menjadikan rambut menjadi kering jika digunakan secara berlebihan. Mencuci rambut rutin setiap hari hanya untuk rambut yg kotor, seperti karena ketombe, kutu & sebagainya. Pilihlah shampo yg bebas sulfat, tetapi mempunyai kandungan glycerin buat menutrisi rambut dari akar dan mencegah rambut patah.

Gunakanlah Kondisioner
Setelah keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner yg cocok dengan rambut mengembang. Khasiat conditioner adalah untuk melembutkan rambut sehingga tidak terlalu mengembang & gampang diatur. Pakailah conditioner secara rutin sebanyak dua kali dalam satu minggu. Conditioner tidak mengandung bahan yg bisa mengurangi minyak alami yang ada di rambut seperti halnya shampo & juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi rambut kering & kerontokan rambut.

Keringkan Rambut Dengan Benar
Mengeringkan rambut yang benar bukan digosok dengan memakai handuk ke rambut. Jika kalian melakukan hal ini, justru bakal membuat rambut menjadi pecah & kasar. Keringkanlah dengan cara menepuk handuk ke rambut sampai terlihat kering, kemudian diamkanlah terkena udara agar kering secara alami.

Menggunakan Produk Rambut
Untuk melembutkan rambut gunakanlah produk khusus yg di formulasikan untuk menyelesaikan masalah rambut mengembang. Produk perawatan rambut sekarang ini gampang diperoleh di toko kecantikan. Cuma saja, jangan terlalu ngirit menggunakan produk rambut tersebut, karena rambut mengembang & tebal membutuhkan pemakaian dalam jumlah yg cukup banyak.

Masker Rambut
Menggunakan masker rambut sebanyak dua kali seminggu adalah cara efektif merawat rambut agar tidak mengembang. Teknik alami senantiasa mempunyai efek samping yg minimal ketimbang memakai produk berbahan kimia. Khasiat masker rambut bisa mengurangi masalah rambut mengembang, dan menjaga kelembapan alami rambut.

Menggunakan Hair Tonic
Penggunaan hair tonic secara teratur bisa menjadi solusi untuk rambut kalian yg mengembang. Ada banyak merk yg bisa kalian pilih, sesuaikanlah dengan jenis & masalah pada rambut kalian.

Gunakanlah Produk Bebas Alkohol
Produk bebas alkohol sangat harus diperhatikan untuk mengatasi rambut mengembang. Hal itu karena kandungan alkohol bisa menjadi pemicu utama keringnya rambut & sangat mudah mengembang.

Dalam menentukan produk rambut, kadang kalian harus menjajal beberapa jenis & merk sebelum menemukan yg tepat untuk rambut mengembang kalian. Telitilah terlebih dulu kandungan dari produk tersebut, jangan sampai ada kandungan bahan kimia yg berbahaya.

Pada prinsipnya, melakukan perawatan secukupnya saja, & jangan putus asa jika belum memperoleh hasil yg di inginkan, selamat mencoba & semoga bermanfaat.


    Baca Juga :

Share this: