Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Coca Cola

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Coca Cola





Cola merupakan salah satu jenis minuman karbonasi dari bahan dasar kola nut (biji kola) yg mengandung kafein & kadang dicampur vanila untuk perasa. Minuman cola jadi sangat populer setelah seorang ahli farmasi yg bernama John Pemberton menemukan Coca Cola di tahun 1886.

Coca Cola

Selain sebagai minuman, Cola juga mempunyai kegunaan lain yg juga sangat bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat coca cola :

Cara Menghilangkan Karat

Pembersih karat & noda air

Cola bisa menghilangkan noda karat dari bumper mobil & benda-benda seperti mur, paku, baut & lain-lain. Untuk menghilangkan karat yg ada di benda logam kecil, tuangkanlah Cola ke dalam tempat plastik ataupun gelas kemudian rendam benda-benda berkarat didalamnya & biarkan semalaman sebelum dikeringkan & dibersihkan dengan lap.

Buat menghilangkan noda karat dari permukaan yg lebih luas diperlukan selembar kertas aluminum (foil) yg digumpal dalam bentuk bola & dicelupkan ke dalam Cola sehingga semua permukaan basah. Gosokkan kertas aluminum yg dalam bentuk lingkaran ke permukaan yg berkarat. Lakukan hal tersebut berkali-kali dengan menambah Cola ke permukaan yg berkarat & menggosok dalam bentuk lingkaran. Permukaan berkarat tersebut nantinya akan menjadi bersih.

Cola juga digunakan untuk membersihkan noda air yg melekat di permukaan keramik seperti di toilet, westafel ataupun bak mandi. Kerak hitam di perabotan dapur seperti panci juga bisa dibersihkan dengan menggunakan Coca Cola.

Pembersih noda

Cola juga mengandung asam (acid) yg bisa menghilangkan minyak & noda darah di kain atau pakaian. Guna membersihkan noda, tambahkanlah satu kaleng Coca Cola bersama detergen kedalam mesin cuci & pakaian yg dicuci akan bersih dari noda.

Untuk obat

Cola sering digunakan untuk menyembuhkan perut kembung ataupun mual. Caranya Cola harus dituang & didiamkan terlebih dahulu di luar supaya kandungan karbonnya menghilang. Minum seteguk Cola setiap sepuluh menit, lakukan beberapa kali sampai perut terasa membaik. Jika perut terasa tidak enak akibat diare, maka cobalah untuk meneguk Coca Cola dalam jangka waktu yg lebih cepat.

Membasmi hama

Untuk membasmi hama bekicot gunakanlah Coca Cola sebagai umpan & racun pada saat yg sama. Tuangkanlah Coca Cola pada piring & perhatikan apa yg terjadi. Kandungan Gula di dalam Cola adalah umpan yg akan menarik bekicot & ketika bekicot masuk ke dalam piring kandung asam di dalam Cola akan membasmi mereka. Cola juga bisa digunakan untuk membersihkan bercak serangga mati di kaca depan mobil. Caranya, tuang Coca Cola ke bercak yang ada di kaca depan & tunggu kira-kira sepuluh detik kemudian nyalakan wiper mobil. Bimsalabim bercak serangga sekarang sudah hilang.

Untuk memasak

Cola juga bisa digunakan untuk merendam (marinade) daging supaya lebih empuk. Tuangkanlah Cola kedalam mangkuk campuran bumbu untuk merendam. Masukan daging ke dalam mangkuk tersebut & pastikan semua permukaan daging terendam. Tutup mangkuk dengan menggunakan plastik & simpan di dalam kulkas selama 2-3 jam sebelum dimasak. Dengan cara ini daging akan menjadi empuk.


    Baca Juga :

Share this: