Cara Menghilangkan Telur Kutu Di Rambut Panjang

Cara Menghilangkan Telur Kutu Di Rambut Panjang





Basmilah kutu dewasa lebih dahulu. Menghilangkan semua telur kutu di rambut tidak akan banyak memberikan manfaat apabila kutu dewasa masih ada. Sepanjang kutu dewasa masih ada, telur yg baru akan selalu muncul di rambut. Telur-telur baru tersebut akan menetas menjadi kutu dewasa, yg pada akhirnya akan membuat lebih banyak telur kutu baru. Siklus yg tidak berujung itu tidak akan berhenti sampai seluruh kutu dewasa berhasil dihilangkan.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Di Rambut Panjang

Untuk melenyapkan kutu dewasa, cucilah rambut kalian, atau orang yg terkena kutu, dengan menggunakan obat khusus pembasmi kutu yg dijual bebas. Untuk kasus kutu rambut yg ekstrim, obat kutu berdasarkan resep dokter yg kandungannya sangat kuat juga tersedia.

Telur Kutu

Siapkanlah lokasi untuk membersihkan telur kutu. Cuci rambut seseorang yg terkena kutu dengan menggunakan air & cuka. Telur kutu terselubungi dengan zat lengket yg menahan kutu tersebut di folikel rambut. Cuka diketahui mengandung bahan kimia yg bisa melarutkan zat tersebut sehingga mengurangi kemampuan telur kutu untuk menempel di rambut.

Sambil berlutut didepan bak mandi, letakkan kepala kalian di bawah keran. Nyalakan air hangat & basahi rambut. Matikan air kemudian sambil terus berlutut, tuangkan sebagian besar cuka ke atas kepala. Pastikanlah bahwa semua helai rambut terlapisi dengan cairan cuka. Tunggu selama 3 menit atau sampai dirasa sudah meresap lalu gunakanlah air hangat untuk mencuci bersih cuka dari rambut.

Mulailah menyisir telur kutu. Kalian sebaiknya pakai sisir kutu dari bahan logam, yg bergigi halus & kaku karena biasanya lebih efektif untuk menyingkirkan telur kutu dibanding dengan sisir plastik.

Meskipun sebagian besar telur kutu bisa dibersihkan dari rambut kalian ketika menggunakan larutan cuka, tak menutup kemungkinan masih banyak telur kutu yg menempel di untaian rambut yg basah.

Rambut Panjang

Ambil & bersihkan sebahagian rambut kurang lebih selebar sisir kutu. Dengan bertahap & perlahan sisir seluruh kepala kalian dengan menggunakan sisir kutu.

Bersihkanlah sisir kutu setiap kali digunakan dengan cara mencucinya ke dalam mangkuk yg berisi campuran air & sabun cair. Setelah itu lap sisir tersebut dengan menggunakan tisu atau kain, pastikan kalian menghilangkan semua kutu atau telur kutu yg menempel di dalam sisir.

Ulangi proses tersebut sampai kalian selesai menyisir seluruh rambut. Setelah kalian selesai membersihkan sebagian rambut, jepit bagian rambut itu ke sisi kepala lain untuk mencegah telur kutu kembali mengenai bagian yg sudah dibersihkan.

Mencuci rambut. Kalian mungkin perlu mencuci rambut satu kali lagi. Kalian sebaiknya kembali menggunakan obat kutu untuk memastikan kutu & telur sudah menghilang sepenuhnya.

Setelah rambut kalian kering, periksa lagi rambut dengan seksama untuk mencari bila masih ada kutu ataupun telur kutu yg tersisa. Jika kalian masih menemukannya, ulangi lagi proses pembersihan dari awal.

Membersihkan alat-alat yg digunakan. Buang cairan sabun yang ada di mangkuk ke dalam toilet. Setelah itu didihkan 2 cangkir air kemudian angkat dari kompor. Campurkanlah air mendidih tersebut dengan secangkir amonia. Rendam sisir kutu kedalam air amonia selama 16 menit, lalu sikat sisir kutu tadi pakai sikat gigi bekas. Sisir kalian siap untuk digunakan sama anggota keluarga lain, apabila dibutuhkan.


    Baca Juga :

Share this: