Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan





Banyak yg bertanya-tanya bagaimana cara untuk menurunkan berat badan yang cepat & mudah karena biasanya diet yg dilakukan dengan susah payah ataupun melakukan diet dengan cara yg ekstrem. Tapi kali ini kalian bisa melakukan cara menurunkan berat badan yang cepat & mudah tanpa harus merasa dibebani.

Cara Menurunkan Berat Badan

Dengan menu sehat

Pilih menu diet sangat penting untuk kalian lakukan. Kebiasaan lama kalian jika tidak terlalu memperhatikan apa yg kalian konsumsi setiap harinya sabaiknya mulai saat ini  kalian ubah. Kalian harus menerapkan pola makan yg sehat. Pola makan yg sehat tersebut akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kalian dalam jangka panjang. Bukan hanya itu berat badan juga tak akan mudah naik. Itu merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yg mudah karena kalian meninggalkan makanan dengan kandungan yg tidak & menggantinya dengan makanan yg mempunyai kandungan dan gizi yg baik buat tubuh.

Di dalam menu diet sehat ini ada beberapa hal yg harus diperhatikan :

a. Hindari gorengan & makanan yg berminyak

Kandungan minyak di dalam gorengan sangat tinggi, bukan hanya tidak baik buat kesehatan karena bisa meningkatkan kadar kolestrol, lemak di dalam gorengan juga akan meningkatkan penimbunan lemak di dalam tubuh. Solusinya, ganti dengan makanan yg tidak digoreng, bisa dengan cara direbus, dikukus atau makanan yg dipanggang.

b. Jadikanlah buah dalam menu makan kalian

Masukkan menu buah kedalam menu makan setiap hari kalian. Buah bisa dijadikan menu penutup makan kalian. Cara tersebut terbilang mudah karena kalian tinggal menyediakan buah yg banyak kalian temukan di warung-warung ataupun toko buah disekitar tempat tinggal kalian. Jika kalian menginginkan berat badan yg normal, buah jadi salah satu menu wajib buat menurunkan berat badan secara cepat & mudah.

c. Kurangi karbohidrat, gantilah dengan protein

Cara menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan berprotein & kaya serat sangat membantu diet kalian. Karbohidrat memang dibutuhkan untuk bahan pembentukan energi. Tapi kalori yg tinggi di dalam makanan yg berkarbohidrat bisa memicu tumpukan lemak. Tumpukan lemak akan membuat berat badan jadi naik. Maka dari itu, mengonsumsi makanan berprotein sangat dianjurkan buat mengurangi tingkat kalori yg tersimpan di dalam tubuh.  Makanan berprotein tak cuma memperbaiki sel & jaringan yg rusak, tapi juga berguna seperti karbohidarat yaitu sebagai sumber energi.

Dan untuk makanan berserat bakal membuat perut kalian kenyang lebih lama. Tentu saja cara mengonsumsi jenis makanan tersebut akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

Beberapa bahan makanan yg mengandung protein nabati tinggi bisa dijumpai di dalam gandum, kacang kedelai, bayam, kentang, kacang hijau, kacang polong, almond atau brokoli. Untuk pengolahan yg lebih 'aman, tentu saja yakni jangan menggunakan minyak goreng.

Untuk protein hewani bisa mengonsumsi ikan, daging domba muda, dada ayam, tuna atau daging sapi. Tapi untuk kandungan lemak juga harus diperhatikan buat masing-masing bahan makanan tersebut. Misal untuk daging domba & sapi mempunyai kandungan lemak yg lebih tinggi dari pada jenis daging yang lain. Maka dari itu porsinya juga harus diperhatikan supaya lemak juga tidak tertumpuk di dalam tubuh kalian sehingga berat badan bisa lebih terkontrol.

d. Sering makan dengan porsi sedikit & menu sehat

Kalian disarankan makan lebih dari tiga kali dengan menu yang sehat & porsi kecil. Cara tersebut sangat bermanfaat untuk menghindari rasa lapar yg sulit terkontrol & menghindari dari mengonsumsi cemilan yg tidak baik buat diet kalian. Jangan lupa perbanyak mengonsumsi air putih sebelum makan. Jangan mengonsumsi minuman manis di dalam kemasan.

Supaya berat badan kami cepat turun, sebaiknya kurangilah asupan garam & gula pada segala makanan yg kalian konsumsi. Ingat, cukup kurangi saja garam & gula dari yg biasa kalian konsumsi setiap hari.

2. Olahraga

Olahraga juga merupakan cara yg baik untuk menurunkan berat badan dengan cepat & mudah. Dengan berolahraga, lemak & kalori akan mudah terbakar. Langkah kedua ini juga sudah sering banyak dibahas dalam berbagai tips cara menurunkan berat badan. Menjalani olahraga yg teratur bisa menurunkan berat badan secara cepat. Cukup kerjakan lari jarak pendek, jogging ataupun lompat tali maka akan sangat menolong di dalam mempercepat program diet kalian. Lakukanlah selama 4 sampai 46 menit selama 2 atau 4 kali dalam satu minggu.

Jika waktu olahraga kalian tidak ada, itu berarti segala aktifitas di tempat kerja sebaiknya dijalankan dengan tanpa bantuan alat. Misal naik ke lintai atas tidak menggunakan lift atau aktifitas lainnya yg tentu saja menyesuaikan dari tempat pekerjaan kalian.

3. Tidur yang cukup

Kelihatannya gampang & sepele, tapi berdampak besar untuk kebugaran & kesehatan tubuh. Dengan tidur yg cukup maka tubuh bakal lebih sempurna dalam menciptakan hormon yg akan mengatur kondisi tubuh kalian termasuk organ pencernaan. Dengan tidur yg cukup dengan begitu perut tidak akan cepat lapar. Dengan tidur yg cukup yaitu kurang lebih 7 atau 8 jam, maka tubuh akan bugar, gak mudah lapar & kesehatan akan lebih terjaga.

Itu dia dengan menerapkan tiga point diatas kalian akan mendapatkan berat badan yg normal & ideal.Semoga membantu kalian untuk mempunyai tubuh langsing & membuat kalian mempunyai berat badan yg normal kembali apabila dilakukan dengan konsisten. Untuk tiap-tiap orang tentu saja akan berbeda hasilnya, selamat mencoba.


    Baca Juga :

Share this: