Cara Merawat Bayi Agar Tetap Sehat Dan Gemuk

Cara Merawat Bayi Agar Tetap Sehat Dan Gemuk





Bayi gemuk & sehat tentunya mempunyai porsi makan yg berbeda dengan bayi kurus, apalagi bayi yg tidak sehat. Salah satu yg bisa dilakukan agar bayi tumbuh gemuk & sehat yakni dengan memberikan makanan sesering mungkin tapi tetap dalam jadwal teratur, misalnya 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Kalian bisa memberikan makanan tak cuma ketika bayi lapar, tapi juga menyelingkan pada saat bayi lagi bermain. Selain makanan, bisa juga melalui ASI ataupun susu formula. Susu formula ada baiknya diberikan menjelang si bayi mau tidur di malam hari.

Cara Agar Bayi Sehat Dan Gemuk

Penting untuk diketahui orang tua bayi, bahwa agar membuat bayi kurus jadi gemuk, sangat tergantung penyebabnya. Jika karena penyakit, harus diatasi terlebih dulu sumber penyakitnya. Setelah sembuh, dengan begitu nafsu makan bayi juga akan membaik jadi bayi lebih lahap makan, bukan hanya itu penting juga untuk memberikan nutrisi yg cukup sesuai dengan kebutuhan bayi sehingga bayi bisa menjadi gemuk & sehat.

Cara Agar Bayi Gemuk

Asupan buah & sayur
Bayi gemuk bukan berarti bayi itu sehat, banyak juga bayi gemuk yg tidak sehat. Maka dari itu, supaya bayi tidak hanya gemuk tapi juga harus sehat. sehingga bayi juga butuh asupan vitamin, serat, & mineral yg bisa membuatnya lebih sehat. Nutrisi tersebut bisa ditemui pada kandungan buah & sayur-sayuran. Bila bayi belum bisa memakan dalam bentuk yg utuh, bisa diberikan dalam bentuk jus ataupun bubur buah.

Cara Agar Bayi Sehat

Istirahat yg cukup
Istirahat yg cukup sangat diperlukan bayi supaya tumbuh menjadi bayi gemuk & sehat. Berikan kesempatan bayi buat tidur dengan lelap setiap hari apalagi ketika di malam hari. Salah satu cara tepat untuk bisa membuat tidur bayi berkualitas yakni dengan memberinya minum susu sebelum tidur. Kwalitas tidur yg baik akan bisa membantu dalam pertumbuhan & penambahan berat badan si bayi secara bertahap.

Berikan nutrisi pendamping
Selain cara diatas, jika dibutuhkan, maka orang tua dapat memberikan bayi bantuan nutrisi dengan cara memberikannya multivitamin tambahan khusus buat bayi. Tapi untuk memberikan multivitamin pada bayi biasanya dikasih berdasarkan atas saran atau resep dari dokter berpengalaman, sehingga proses pemberian multivitamin tepat sama dosis kebutuhan yg memang dibutuhkan oleh si bayi. Sangat diharapkan supaya tidak memberikan sembarang multivitamin tanpa saran ataupun resep dari dokter, karena setiap produk multivitamin tentunya mempunyai efek samping tersendiri.


    Baca Juga :

Share this: