Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil





Larangan-larangan untuk ibu hamil yang seringkali kalian dengar sebetulnya lebih bertujuan menasehati ibu agar lebih berhati-hati menjaga janin yg dikandungnya. Seperti larangan melakukan aktifitas fisik yg berat, mengkonsumsi makanan ataupun mengunakan produk yg mengandung zat & efek berbahaya.

Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Beberapa aktifitas & zat yg harus dihindari sebagai larangan ibu hamil muda yakni diantaranya adalah :

Yang Tidak Boleh Dilakukan

Aktivitas Fisik Yang Mengandung Risiko,
Seperti kemungkinan untuk mengalami terpeleset, benturan, jatuh atau kontraksi otot yg berlebihan. Olahraga yg berat misalnya berlari, angkat beban & aerobik high impact juga dilarang sebab mengandung resiko yakni bisa mengakibatkan keguguran, apalagi pada janin di usia awal kandungan.

Makanan-Makanan Tertentu Yang Mengandung Risiko
Ada sejumlah jenis makanan yg menjadi larangan buat ibu hamil, karena di awal usia kandungan janin masih sensitive terhadap setiap asupan makanan yg masuk ke tubuh ibu, maka ibu harus berhati-hati ke beberapa jenis makanan. Seperti jenis-jenis ikan tertentu yg memang beresiko membawa zat berbahaya, diantaranya ialah ikan yg mungkin mengandung merkuri yg cukup tinggi kadarnya, kebanyakan ditemui di jenis ikan todak, hiu & ikan marlin. Zat merkuri amat  berbahaya untuk perkembangan saraf janin.

Ibu Hamil

Makanan Setengah Matang
Hal inilah yg terutama menjadi pantangan ibu hamil muda, yakni diantaranya pengolahan telur, kerang & daging sapi yg setengah matang atau bahkan mentah. Hal tersebut berbahaya buat ibu hamil karena makanan ini bisa membawa risiko terjangkitnya bakteri salmonela yg dibawa telur & daging. Daging yg kurang matang juga beresiko membawa toksoplasmosis & listeria. Ibu juga harus berhati-hati jika mengkonsumsi hati, sebab kandungan vitamin A nya yg cukup tinggi bisa membahayakan janin.

Berbagai Zat Berbahaya
Selain makanan yg dikonsumsi, ibu hamil juga mesti memperhatikan zat apa saja yg tidak boleh masuk ke dalam tubuh. Ibu harus menjauhkan diri dari zat ataupun efek yg bisa membahayakan janin, seperti zat yg terkandung pada alkohol, rokok, radiasi dari layar komputer & rontgen, selain itu bahan kimia berbahaya yg terkandung pada cat rambut, cat dinding & kosmetik juga harus dijauhi.

Ibu bisa menentukan & mengontrol asupan nutrisi yg masuk ke dalam tubuh dengan baik & sesuai dengan selera, bila ibu tidak suka mengonsumsi daging maka ibu tetap bisa mencukupi vitamin A dari sayuran yg berwarna hijau pekat. Konsumsilah makanan yg bersih, matang, & tersterilisasikan, demikian salah satu yg bisa dilakukan ibu untuk tetap sehat & bugar dengan pola hidup dan juga konsumsi yg terkontrol.


    Baca Juga :

Share this: