Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil 5 Bulan

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil 5 Bulan





Supaya ibu hamil tidak selalu cemas selama kehamilannya sebaiknya kalian mengenali apa yg boleh & tidak boleh dilakukan ketika hamil. Apa sajakah?

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil 5 Bulan

Olahraga
Jika kalian terbiasa rutin & gemar berolahraga, semasa hamil pun bisa diteruskan. Cuma saja olahraga yg dilakukan bukanlah yg berbahaya & mengandung resiko, seperti berkuda, balapan mobil  lompat-lompat, arung jeram & sebagainya. Tapi, lakukanlah olahraga yg ringan selama 5-31 menit, seperti jalan pagi, senam ringan, ataupun berenang.

Merokok
Bayi yg dilahirkan dari ibu perokok hampir selalu mempunyai berat lahir yg rendah. Ibu perokok menyebabkan bayi mendapat darah melalui plasenta lebih sedikit, sehingga zat asam di dalam darahnya sedikit. Akibatnya berat badan bayi jadi lebih rendah ketimbang bayi dari ibu yg tidak merokok.

Rontgen
Radiasi tidak boleh dilakukan, apapun indikasinya. Semua bentuk radiasi berpotensi untuk membahayakan perkembangan janin. Ketika janin lagi dalam perkembangan. "Semua jenis radiasi bisa mengacaukan perkembangan sel. Sehingga terjadi mutasi sel yg bisa berkembang ke arah kanker, cacat & sebagainya. Bila dibutuhkan penyinaran, seperti untuk mengetahui patah tulang ataupun rontgen gigi, ada baiknya katakan pada dokter bahwa kalian lagi hamil.

Hamil 5 Bulan

Diet
Tidak baik buat kondisi ibu & bayi, karena bisa menimbulkan kekurangan vitamin, mineral & bahan makanan lain. Diet cuma boleh dilakukan atas persetujuan dari dokter. Beberapa ibu hamil justru disarankan diet bahan makanan tertentu. "Tujuannya, tentunya saja bukan menurunkan berat badan, tetapi supaya berat badan ibu tidak bertambah secara drastis." Kenaikan berat badan normal selagi hamil tidak lebih dari 2 kilogram sebulan. Jika perlu kurangi jenis makanan tertentu yg bisa menambah berat badan berlebih, misalnya cake, tart, biskuit, makanan yg berlemak & manis-manis.

Alkohol
Sebaiknya tidak dikonsumsi sama sekali. Jika wanita suka minum minuman beralkohol wajib dihentikan sebelum kehamilan terjadi. Tidak ada tingkat penggunaan alkohol yg aman ketika kehamilan. Pada wanita yg minum alkohol dalam jumlah berlebihan, mayoritas akan berisiko kepada bayi. "Bisa menghambat pertumbuhan fisik, otak & sebagainya sehingga bayi lahir dengan keadaan cacat fisik, kerusakan jantung & perlambatan mental."

Daging setengah matang
Ada baiknya diolah sampai matang, sebab bahan makanan berasal dari hewan dapat mengandung bakteri, parasit, protozoa & bahkan berbagai jenis cacing. Di telur setengah matang juga bisa ditemukan salmonela yg bisa mengakibatkan penyakit tipus.

Obat pereda sakit
Jangan meminum obat sembarangan! Tapi, bukan berarti jika sakit tidak boleh minum obat. Selalu konsultasikan bersama dokter kandungan jika kalian akan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Atau, beritahukan dokter bila kalian lagi hamil, sehingga dia akan menuliskan resep obat yg aman buat ibu hamil.


    Baca Juga :

Share this: