Janin Usia 3 Bulan Sebesar Apa

Janin Usia 3 Bulan Sebesar Apa





Perkembangan Janin 3 bulan adalah di usia kehamilan minggu ke 9 sampai dengan minggu ke 12. Di minggu ke 9 jenis kelamin janin semestinya sudah bisa diketahui jika jenis kelaminnya laki-laki, tapi apabila perempuan masih sesekali meragukan. Di usia ini mulut & hidung janin sudah terlihat dengan jelas, Tungkai & lengan mulai tumbuh. Bahkan Janin sudah mampu membuka & menutup mulutnya, sehingga makhluk mungil itu mulai berlatih melakukan gerakan menelan & menghisap. Di minggu ini janin mempunyai panjang sekitar 39 millimeter dan berat sekitar 20 gram.

Janin Usia 3 Bulan Sebesar Apa

Fase Perkembangan Janin Minggu ke sepuluh adalah:
- Bila jenis kelamin janin perempuan maka sudah bisa teridentivikasi dengan jelas.
- Tulang sudah menggantikan tulang muda (kartilago), Diafragma mulai memisahkan jantung & paru-paru dari perut dan otot leher terbentuk.
- Di usia ini otak janin berkembang cepat, jadi proporsi kepala akan cenderung lebih besar ketimbang tubuh.
- Sistem otot & saraf sudah mencapai tingkat kematangan & sudah bisa pula mengirim & menerima pesan dari otak. Berfungsinya sistem saraf, akan menyebabkan janin sudah bisa melakukan gerak reflex, seperti menendang & bisa menekuk tangannya menjadi setengah kepalan.

Fase Perkembangan Janin Minggu ke sebelas, ditandai dengan:
- Panjang tubuh mencapai kurang lebih 6,5 centimeter, rambut, kuku jari tangan & kaki mulai tumbuh.
- Organ sek luar sudah mulai terbentuk, dan folikel-folikel rambut juga gigi.
- Sudah bisa menelan cairan amnion & mengeluarkannya kembali dalam bentuk urine.
- Bentuk Mata sudah terbentuk dengan lengkap.
- Jaringan tangan & kaki tumbuh, walaupun belum disatukan oleh jaringan kulit.
- Geraknya menggeliat, meluruskan tubuh & menundukkan kepala. Bahkan, di usia ini janin sudah bisa merubah posisinya dengan berputar, bergelung, memanjang, atau malah jumpalitan yg bisa dirasakan oleh Ibu Hamil.

Fase Perkembangan Janin Minggu ke dua belas, ditandai dengan :
- Ukuran Janin sekitar 8 centimeter dan semua organ fital janin sudah terbentuk.
- Organ-organ tubuh janin sudah terbentuk.
- Dengan sinyal dari otak, otot akan merespons & janin sudah bisa menendang.
- Janin di usia 3 bulan ini akan mengalami cegukan & hal ini normal terjadi. Cegukan terjadi dengan frekuensi sampai 90 kali cegukan dalam 1 jam. Cegukan pada janin bermanfaat buat memperkuat otot-otot di bagian organ pernafasan janin.

Untuk Perkembangan Janin dengan usia kehamilan Minggu ke dua belas, sudah bisa diagnosa penyakit keturunan seperti thalassemia & sindroma Down, yg dilakukan dengan pemeriksaan Chorion Villus (CVS) guna memastikan ada atau tidaknya kerusakan di kromosom. Adapun cara yg dilakukan adalah dengan mengambil sampel sel-sel plasenta yg bisa dilakukan secara transabdominal lewat perut atau leher rahim/transervikal. Kelainan kromosom tersebut bisa terjadi karena ada kelainan kromosom di kedua orang tua, atau karena pengaruh virus, penyakit, bakteri ataupun zat berbahaya lain yg menyerang sel-sel embrio.


    Baca Juga :

Share this: