Jumlah Vitamin C Yang Dibutuhkan Tubuh Per Hari

Jumlah Vitamin C Yang Dibutuhkan Tubuh Per Hari





Vitamin C: Berapa yang kalian butuhkan? Panduan mengkonsumsi vitamin C untuk tubuh perhari. Vitamin C mempunyai banyak manfaat bukan rahasia lagi. Tapi, sampai sekarang masih banyak yg bertanya-tanya, berapa banyak asupan yg dibutuhkan tubuh dalam satu hari?

Jumlah Vitamin C Yang Dibutuhkan Tubuh Per Hari

Kita tau bahwa vitamin C adalah salah satu nutrisi paling bermanfaat buat tubuh. Selain memainkan peran penting di dalam perang melawan radikal bebas, vitamin C berkhasiat untuk mencegah kerusakan pada sel, merawat sel-sel kulit, sebagai antioksidan, hingga mencegah penyakit kardiovaskular. Namun hanya sedikit saja orang yg tau akan tanda-tanda kekurangan vitamin C.

Bukan hanya menjadi rentan kepada penyakit flu, kekurangan vitamin C dalam kasus yg akut bisa menimbulkan gejala, seperti perdarahan di gusi, kulit yg memucat, juga luka yg sulit sembuh. Tapi jika kalian menjadi takut & berpikir untuk melahap vitamin C sebanyak-banyaknya, tahan dulu pikiran tersebut.

Vitamin C

Sampai saat ini, belum ada kepastian apakah terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C bisa benar-benar merusak tubuh kalian. Beberapa riset terkini membuktikan bahwa ginjal bakal secara otomatis mengeluarkan kelebihan tersebut melalui air kencing. Tapi, para ahli tetap menyarankan agar tidak mengkonsumsi vitamin C berlebihan karena bisa meningkatkan risiko diare, sakit perut, & tingginya kandungan asam di dalam urine. Jadi, berapa jumlah yg ideal?

Berikut adalah rekomendasi mengkonsumsi vitamin C per hari menurut umur & jenis kelamin.

Dibutuhkan Tubuh Per Hari

Laki-laki:
19 ke atas: 90mg
14-18 tahun: 75mg
9-13 tahun: 45mg

Wanita:
19 ke atas: 75mg
14-18 tahun: 65mg
9-13 tahun: 45mg
Wanita menyusui: 120mg
Wanita hamil: 85mg

Anak-anak:
4-8 tahun: 25mg
1-3 tahun: 15mg
7-12 bulan: 50mg
0-6 bulan: 40mg


    Baca Juga :

Share this: